Qualcomm Snapdragon 636

Qualcomm Snapdragon 636, Chip Pilihan Terbaru untuk Smartphone Kelas Menengah

Kamu pasti tahu soal Snapdragon 625. Chip tersebut merupakan chip yang sangat populer dan menjadi banyak pilihan smartphone di segmen kelas menengah karena mampu memberikan kinerja yang baik dalam harga yang relatif terjangkau. Nah untuk tahun 2018 ini, ada satu chip terbaru dari Qualcomm yang sepertinya akan menjadi pilihan mainstream berikutnya setelah Snapdragon 625, yaitu Snapdragon 636.

Snapdragon 625 dikenal memiliki kinerja yang cukup kencang di kelasnya karena memiliki delapan core Cortex A53 yang berkecepatan 2,0 GHz serta memiliki konsumsi daya yang relatif irit. Perpaduan yang nyaris sempurna untuk sebuah chip mobile.

Nah, Snapdragon 636 akan menyajikan kinerja yang lebih kencang lagi dibandingkan Snapdragon 625. Pasalnya, di dalam Snapdragon 636 terdapat delapan core Kryo 260 yang terbagi ke dalam dua bagian, satu untuk yang memberikan kinerja tinggi untuk menjalankan aplikasi berat, dan satu bagian lainnya yang versi hemat daya. Buat yang belum tahu, core Kryo sebelumnya hanya digunakan pada chip kelas high end seperti Snapdragon 821, 835, dan 845.

  Review Vivo V9, Smartphone Mid-End Kekinian dengan Gimmick Ala iPhone X

Dengan begitu, maka Snapdragon 636 ini akan dapat memberikan kinerja yang lebih kencang hingga 50% dibandingkan Snapdragon 625. Jadi kamu bisa merasakan kinerja ala smartphone kelas atas pada smartphone kelas menengah yang lebih terjangkau. Dan soal konsumsi dayanya, kamu tidak perlu khawatir karena Snapdragon 636 juga dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm yang membuatnya tetap hemat seperti Snapdragon 625 atau bahkan lebih baik lagi.

Qualcomm Snapdragon 636

Selain itu, GPU pada Snapdragon 636 menggunakan Adreno 509 yang akan memberikan peningkatan kinerja dibanding Adreno 506 pada Snapdragon 625. Sebagai tambahan, kinerja Adreno 506 pun kini sudah bisa kamu dapatkan pada chip entry level Snapdragon 450. Selain itu, Snapdragon 636 juga akan mendukung kapasitas RAM hingga 8 GB LPDDR4 dalam konfigurasi dual channel.

Selebihnya, Snapdragon 636 memiliki modem Snapdragon X12 LTE yang dapat memberikan kecepatan download hingga 600 Mbps dan 150 Mbps. Namun untuk pasar Indonesia fitur ini sepertinya tidak akan terlalu dinilai penting mengingat kapasitas operator di Indonesia yang belum dapat memberikan angka segitu. Kemudian, Snapdragon 636 ini akan mendukung teknologi Bluetooth 5.0, QuickCharge 4.0, dan fitur yang paling penting buat saya, yaitu NFC.

  Review Asus Zenfone Max Plus M1 ZB570TL, Berikan Baterai Besar Dalam Bodi Kekinian

Qualcomm Snapdragon 636 akan menjadi salah satu chip yang akan menjadi pilihan mainstream smartphone-smartphone di kelas menengah dengan harga yang relatif terjangkau. Setidaknya sudah ada dua smartphone yang menggunakan chip ini, yaitu Xiaomi Redmi Note 5 yang baru diluncurkan beberapa hari lalu, dan Asus Zenfone Max Pro M1 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

4 Replies to “Qualcomm Snapdragon 636, Chip Pilihan Terbaru untuk Smartphone Kelas Menengah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *