Android 9.0 Pie

Pie, Nama Resmi untuk Android 9.0

Android 9.0 Resmi Dinamai Pie

Sekitar setahun setelah Google merilis Android 8.0 Oreo pada tahun 2017 lalu, Google akhirnya meresmikan nama untuk versi Android terbarunya yaitu Android 9.0 Pie. Sebagai rilis mayor yang kesembilan sejak pertama kali diluncurkan, Android 9.0 Pie membawa banyak hal baru yang belum ada di versi sebelumnya.

  ECS Luncurkan Liva Z2 dan Z2V, Mini PC Mungil Seukuran Telapak Tangan

Artificial intelligence atau AI menjadi topik yang cukup ramai dibahas dalam beberapa bulan belakangan ini. Dan Google sepertinya akan memasukkan fitur tersebut secara dominan ke dalam Android 9.0 Pie ini sehingga membuat smartphone kamu akan menjadi lebih pintar dan lebih personal karena dapat mengenal kamu lebih dalam.

AI di Android 9.0 Pie

Kehadiran teknologi AI tampaknya akan cukup dominan di Android 9.0 Pie. Jika sebelumnya kamu mungkin pernah mendengar implementasi AI di beberapa smartphone terbaru seperti Zenfone 5 atau Oppo F7, maka di versi Android terbaru ini, banyak fitur AI yang akan menjadi standar.

Android 9.0 Pie

Beberapa fitur terkait AI yang akan menjadi standar seperti Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Adaptive Battery akan menggunakan teknologi machine learning untuk mengenali aplikasi-aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan dan memprioritaskan penggunaan baterai untuk aplikasi tersebut dan mengurangi penggunaan baterai untuk aplikasi lain yang sedang tidak aktif. Sedangkan Adaptive Brightness mirip seperti fitur auto brightness atau smart brightness yang telah ada saat ini yang dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar tergantung dari aplikasi yang sedang kamu gunakan, lokasi, serta waktu saat kamu menggunakannya.

  Asus Luncurkan Duo Laptop Tipis, ZenBook UX331UN dan UX331UAL

Selain itu Android 9.0 Pie juga akan menghadirkan fitur App Actions. Fitur ini akan memberikan prediksi pada pilihan menu yang kemungkinan besar akan kamu pilih terhadap sebuah aplikasi. Jadi misalnya kamu biasanya selalu membalas pesan dari tab notifikasi, Android 9.0 Pie akan menyediakan menu tersebut supaya lebih cepat diakses.

Tampang Baru, Keamanan Baru

Android 9.0 Pie juga disebut-sebut akan hadir dengan tampilan yang berbeda dibandingkan Android 8.0 Oreo. Tampilan baru seperti Dashboard dan fitur navigasi yang cukup dilakukan dengan satu tombol. Selain itu ada juga fitur-fitur seperti Smart Text Selection, Smart Reply, dan tampilan notifikasi yang baru.

Android 9.0 Pie

Selain itu aspek keamanan juga diperhatikan di Android 9.0 Pie ini. Google menghadirkan Android Protected Confirmation, Biometric Prompt, Trusted Execution Environment, dan berbagai hal teknis lainnya yang dapat membuat Android menjadi lebih aman dari serangan malware maupun pembajakan.

  Zyrex ZT 216 4G, Tablet Murah Sejutaan dengan Koneksi 4G

Seperti biasa, Android 9.0 Pie akan hadir pertama kali di perangkat Pixel milik Google, baik Pixel maupun Pixel 2, dan mungkin Pixel generasi baru nanti. Selain itu Google juga telah bekerjasama untuk menghadirkan Android 9.0 Pie di smartphone-smartphone buatan produsen lainnya, paling tidak sampai akhir tahun 2018 ini.

Jadi, apakah kira-kira smartphone kamu akan dapat update ke Android 9.0 Pie?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *