Samsung 860 QVO

Samsung 860 QVO Hadir dengan Harga Murah untuk Kapasitas Mulai dari 1 TB

Semakin populer sebagai perangkat penyimpanan pengganti hard disk (HDD), namun tetap saja masih banyak orang yang enggan untuk beralih ke SSD meskipun kinerjanya jauh lebih cepat. Salah satu alasannya adalah harganya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan hard disk untuk kapasitas yang sama.

Namun tak lama lagi selisih harga antara hard disk dan SSD akan semakin tipis. Baru-baru ini, Samsung memperkenalkan sebuah seri SSD baru yang akan menghadirkan kapasitas besar dengan harga yang murah. SSD Samsung 860 QVO merupakan seri SSD terbaru dari Samsung yang menurut saya akan memulai tren baru, yaitu SSD berkapasitas besar dengan harga murah.

  Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ Resmi Meluncur

SSD Samsung 860 QVO sendiri merupakan varian baru yang diposisikan di bawah varian Pro dan Evo yang selama ini beredar di pasaran. SSD ini menggunakan teknologi QLC dan menggunakan arsitektur 4-bit multi level sehingga memungkinkan Samsung untuk memberikan kapasitas yang lebih besar.

Samsung 860 QVO

Teknologi QLC ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari teknologi TLC. Secara teknologi, QLC memang tidak setangguh TLC, apalagi MLC atau SLC yang pendahulunya. Namun, pengembangan teknologi tersebut membuat harga SSD menjadi lebih murah untuk kapasitas yang lebih besar.

  Canon Pixma TS9570, Printer A3 Multifungsi dengan Bodi yang Ringkas

Kemampuan untuk mencapai kapasitas yang lebih besar pun tergambar dari varian yang disediakan oleh Samsung 860 QVO ini. Varian kapasitas terendahnya dimulai dari 1 TB hingga 4 TB sementara masih banyak produsen SSD lain yang masih menawarkan SSD dengan kapasitas mulai dari 120 GB.

Kemudian, Samsung 860 QVO ini juga menawarkan kinerja yang sama dengan SSD yang ada di pasaran saat ini. Dengan menggunakan antarmuka SATA III 6 Gbps, SSD ini memiliki klaim kecepatan baca hingga 550 MB/s dan kecepatan tulis hingga 520 MB/s.

  Gigabyte X299 Aorus Master, Motherboard Kelas Atas untuk Intel Core X

Lalu, SSD Samsung 860 QVO ini juga memiliki durabilitas hingga 360 TBW (terabytes written) untuk varian 1 TB, 720 TBW, dan 1440 TBW.

SSD Samsung 860 QVO dijual dengan harga yang sangat atraktif, yaitu mulai dari US$150 atau sekitar dua jutaan untuk varian kapasitas 1 TB dan tidak terlalu berbeda jauh dibandingkan dengan SSD berkapasitas 500 GB yang ada di pasaran saat ini. Dengan begitu, impian kamu untuk mendapatkan SSD berkapasitas besar dengan harga yang relatif murah untuk PC kamu mungkin bisa diwujudkan dengan SSD ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *