Xiaomi Redmi Note 4

Di India, Xiaomi Mulai Kejar Samsung

Xiaomi mungkin bisa dibilang merupakan salah satu merk smartphone yang paling populer, khususnya di kawasan Asia. Saking populernya, Xiaomi pun bahkan mengancam popularitas merk-merk lain yang lebih besar.

Di India, besarnya popularitas produsen asal China tersebut pun bahkan mulai menggoyang Samsung yang menjadi merk smartphone paling populer di negara tersebut. Dikutip dari Tech in Asia dan IDC, Xiaomi saat ini menduduki posisi kedua dengan pangsa pasar sebesar 17%, di bawah Samsung yang menduduki posisi teratas dengan pangsa pasar 24%.

Berdasarkan hasil riset IDC, Xiaomi mengalami peningkatan pangsa pasar yang sangat besar dalam setahun terakhir. Pada akhir kuartal kedua tahun 2016, Xiaomi hanya memiliki pangsa pasar di bawah 5% dan naik menjadi 17% pada akhir kuartal kedua tahun 2017 ini. Sedangkan Samsung tergolong stagnan dengan pangsa pasar sekitar 20-25% pada beberapa tahun belakangan.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Walaupun belum ada data yang detil mengenai pangsa pasar smartphone di akhir kuartal kedua 2017, IDC menyatakan bahwa pada akhir kuartal pertama 2017, sekitar 31% pangsa pasar di Indonesia diisi oleh smartphone asal China, termasuk juga Xiaomi. Pencapaian tersebut naik dari 23% pada periode yang sama tahun 2016 dan 12% pada tahun 2015. Meningkatnya popularitas smartphone asal China juga menggeser pangsa pasar smartphone merk global, dari 51% pada akhir kuartal pertama 2016, menjadi 47% pada kuartal pertama 2017. Secara keseluruhan, total pengiriman smartphone meningkat dari 6,4 juta unit dari 2016 menjadi 7,3 juta unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *