EVGA Nvidia GeForce GTX 1660 Ti

Nvidia GeForce GTX 1660 Ti, Berbasis Turing Namun Tanpa Ray Tracing

Tak butuh waktu lama sejak Nvidia resmi meluncurkan GeForce RTX 2060, kartu grafis jagoan baru Nvidia untuk segmen kelas menengah yang menawarkan fitur ray tracing, Nvidia kembali menghadirkan sebuah seri kartu grafis untuk segmen kelas menengah, GeForce GTX 1660 Ti.

  Nvidia GeForce RTX 2060, Jagoan Baru Kelas Menengah untuk Ray Tracing

Kartu grafis ini pun sebenarnya memiliki basis teknologi yang sama dengan GeForce RTX 2060. Kartu grafis ini sama-sama berbasis arsitektur generasi ke-12 yaitu Turing yang membuatnya memiliki kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik ketimbang generasi sebelumnya. Namun, ada beberapa hal yang harus disesuaikan pada kartu grafis ini.

Spesifikasi GeForce GTX 1660 Ti

Nvidia GeForce GTX 1660 Ti membawa teknologi yang mirip dengan RTX 2060, yaitu menggunakan arsitektur Turing yang membawa teknologi real time ray tracing untuk menghasilkan grafis yang lebih menawan. Namun jika kamu perhatikan, kartu grafis ini tidak membawa nama RTX yang berarti GTX 1660 Ti tidak dilengkapi dengan kemampuan ray tracing tersebut. Selain itu, fitur tambahan lainnya seperti Deep Learning Super Samping (DLSS) juga tidak tersedia pada kartu grafis ini.

Menggunakan arsitektur Turing TU116, kartu grafis ini memiliki 1.536 CUDA core. Kartu grafis ini juga beroperasi pada kecepatan 1.500 Mhz dalam kondisi standar, dan boost clock hingga 1.770 MHz. Kemudian terdapat VRAM sebesar 6 GB GDDR6 yang beroperasi pada kecepatan 12 Gbps dengan interface 192 bit.

  Hands-on: Samsung Galaxy S10+, Semakin Mewah

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, GeForce GTX 1060, maka kartu grafis ini memiliki keunggulan di hampir seluruh aspek. Yang lebih menarik lagi, dengan seluruh keunggulan spesifikasi tersebut, kartu grafis ini tidak membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan GTX 1060, alias masih membutuhkan daya sekitar 120 watt.

Harga GeForce GTX 1660 Ti

Sepertinya Nvidia memutuskan untuk meluncurkan kartu grafis ini secara sederhana, tanpa adanya seremoni spesial seperti yang pernah dilakukan dengan GeForce RTX 2060. Kartu grafis ini telah diluncurkan ke pasaran dan mulai didukung oleh beberapa produsen kartu grafis yang meluncurkan varian-variannya masing-masing.

  Synology DS1019+, NAS Ringkas untuk Profesional dan UKM

Mengenai harga, karena memiliki spesifikasi yang lebih sederhana dibanding RTX 2060, maka kartu grafis ini memiliki harga yang lebih terjangkau juga. Harga GeForce GTX 1660 Ti ini dipatok pada US$280 atau sekitar Rp3,9 jutaan dalam kondisi normal. Dengan begitu, menurut saya kartu grafis ini bisa menjadi sebuah pilihan yang relatif lebih menarik jika kamu membutuhkan kinerja yang lebih kencang, namun tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk fitur ray tracing yang mungkin tidak kamu butuhkan.

One Reply to “Nvidia GeForce GTX 1660 Ti, Berbasis Turing Namun Tanpa Ray Tracing”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *