SSD Samsung 870 QVO

Samsung 870 QVO, SSD Terjangkau Berkapasitas 8 TB

Solid state drive atau SSD merupakan salah satu komponen yang paling bisa memberikan peningkatan kinerja yang terasa untuk sistem PC. Apalagi, sekarang dukungan kapasitasnya semakin besar bahkan hingga 8 TB seperti yang ditawarkan oleh SSD Samsung 870 QVO ini.

Lini SSD besutan Samsung sendiri sebenarnya sudah memiliki cukup banyak varian. Di varian terbaru ini, 870 QVO, Samsung menghadirkan kapasitas yang lebih besar dengan harga yang tetap masuk akal.

Spesifikasi Samsung 870 QVO

Bagi kamu yang mungkin tidak mengikuti perkembangan seri SSD Samsung, seri QVO merupakan varian yang menggunakan teknologi quad-level cell atau QLC.

Artinya, chip NAND yang digunakan di dalamnya memiliki kepadatan yang lebih tinggi serta bisa memberikan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan chip NAND SLC, MLC, atau TLC.

Karena kapasitasnya yang lebih besar dalam ukuran chip yang sama, maka varian SSD berbasis teknologi QLC ini juga umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

SSD Samsung seri 870 QVO ini merupakan penerus dari varian 860 QVO yang pertama kali meluncur pada tahun 2018 silam. Di varian terbaru ini, kapasitasnya meningkat dengan pilihan mulai dari 1 TB, 2 TB, 4 TB, hingga yang paling besar 8 TB.

Kemudian untuk kecepatannya, SSD ini diklaim memiliki kecepatan sequential hingga 560 MB/s untuk baca, dan hingga 530 MB/s untuk tulisnya.

Sementara untuk kecepatan random read dan write-nya masing-masing bisa mencapai hingga masing-masing 98.000 IOPS dan 88.000 IOPS.

  Google Segera Hentikan Dukungan Gmail pada Chrome Versi Lawas

Untuk umur pakainya, SSD Samsung yang satu ini memiliki umur pakai yang terbilang panjang, mulai dari 360 TBW (terabytes written) untuk varian 1 TB, hingga 2.880 TBW untuk varian berkapasitas 8 TB.

Harga Samsung 870 QVO

SSD ini hadir dengan form factor 2,5 inci serta menggunakan interface SATA 6 Gbps. Artinya kamu bisa menggunakan SSD ini baik untuk komputer desktop maupun laptop yang menggunakan konektor SATA. Sementara itu sepertinya SSD ini tidak akan tersedia dalam varian M.2.

Mengenai harganya, Samsung menyatakan bahwa seri 870 QVO ini dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari US$129 untuk varian 1 TB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *