Review Asus Zenfone 3 ZE520KL

Setelah sukses dengan lini Zenfone 2 yang dirilis sepanjang tahun 2015, pada bulan September 2016 silam akhirnya Asus merilis generasi baru dari keluarga Zenfone, yaitu Zenfone 3. Nah, kebetulan saya berkesempatan untuk menjajal salah satu varian dari Zenfone 3 ini, yaitu Zenfone 3 ZE520KL.

Selain varian yang ini, Zenfone 3 juga dirilis dalam beberapa varian lain, yaitu Zenfone 3 Ultra serta Zenfone 3 Deluxe yang berada di atasnya.

Soal penampilan, Asus Zenfone 3 ZE520KL ini memiliki desain yang benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan lini Zenfone 2. Pada Zenfone 3 ini, Asus menerapkan desain yang disebut dengan 2.5D curved glass design, yaitu desain dengan kaca di bagian depan dan belakangnya serta sedikit melengkung di bagian pinggirnya. Sementara sisi-sisinya menggunakan bahan aluminium yang membuatnya terasa makin mewah.

Penggunaan material kaca di bagian depan dan belakangnya membuat Zenfone 3 ZE520KL ini menjadi cepat kotor terkena bekas sidik jari. Selain itu juga saya merasa bahwa bodinya cukup licin.

Sama seperti sebelumnya, Asus Zenfone 3 ZE520KL ini juga memiliki tiga tombol navigasi di bagian bawah. Dan lagi-lagi masih belum dilengkapi dengan backlight.

Layar Asus Zenfone 3 ZE520KL ini berukuran 5,2 inci dan berjenis Super IPS+. Layar dengan resolusi full HD (1080 x 1920) ini menurut saya mampu menampilkan warna-warna yang cerah dan cukup akurat.

  Samsung Galaxy A05 Series: Harga Sejutaan dengan Kamera 50 MP

Kalau pada keluarga Zenfone 2 tombol power dan volume umumnya berada di atas dan di belakang, pada Zenfone 3 ZE520KL ini tombol-tombol tersebut kembali ke sisi kanan. Posisinya diletakkan agak ke atas sehingga mudah untuk dijangkau jari. Sayangnya, tombol power dan volume pada unit Asus Zenfone 3 ZE520KL yang saya gunakan ini terasa kurang presisi karena sedikit bergoyang-goyang.

Permasalahan tombol ini juga saya temui pada beberapa unit Zenfone 3 ZE520KL lain. Namun saya juga menemukan unit yang memiliki tombol yang lebih presisi alias tidak bergoyang-goyang.

Di bagian belakang kini ada sebuah fingerprint scanner yang posisinya di bawah kamera. Sedangkan port USB ada di sisi bawah, bersebelahan dengan spiker. Asus Zenfone 3 ZE520KL ini sudah menggunakan koneksi USB type-C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *