Snapdragon 732G, Chipset Terbaru untuk Kelas Menengah

Snapdragon 730G merupakan salah satu chipset andalan Qualcomm untuk perangkat smartphone kelas menengah hingga saat ini. Kali ini, Qualcomm menghadirkan chipset terbarunya untuk kelas menengah yaitu Snapdragon 732G.

Sama-sama mengisi segmen menengah, chipset ini merupakan penerus dari Snapdragon 730G. Bukan sekadar menjadi penerus, namun Qualcomm menyematkan beberapa peningkatan pada chipset terbaru ini.

  MediaTek Helio G95, Chipset Gaming untuk Kelas Atas

Qualcomm sendiri mengklaim bahwa Snapdragon 732G ini memiliki kinerja 10 persen lebih kencang dibanding pendahulunya.

Secara konfigurasi, chipset ini masih mirip. Perbedaannya ada pada kecepatan dua core Kryo 470 yang ditingkatkan menjadi 2,3 GHz. Pada 730G, kecepatannya sebesar 2,2 GHz.

Sementara untuk enam core lainnya masih memiliki kecepatan yang sama, yaitu 1,8 GHz untuk efisiensi. Dari sisi GPU pun, Snapdragon 732G ini menggunakan GPU Adreno 618 yang diklaim 15 persen lebih kencang dibandingkan sebelumnya.

Selebihnya, chipset ini sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan Snapdragon 730G. Snapdragon 732G masih dibuat menggunakan teknologi proses produksi 8 nm. Kemudian chipset ini dilengkapi dengan modem LTE Snapdragon X15 dan dukungan konektivitas WiFi 6 serta Bluetooth 5.1.

  Qualcomm Snapdragon 865 Plus, Edisi Revisi Lebih Kencang

Kemudian, teknologi lainnya yang disematkan pada chipset ini adalah Snapdragon Elite Gaming dengan dukungan API Vulkan 1.1, serta ISP atau pengolah gambar yang mendukung perekaman video 30 fps pada resolusi 4K. Teknologi Quick Charge 4+ pun tidak ketinggalan hadir untuk membuat pengisian baterai semakin cepat.

Jika melihat pendahulunya, Snapdragon 730G dan beberapa varian lainnya seperti Snapdragon 730 dan 720G, merupakan chipset yang lazim digunakan di banyak varian smartphone kelas menengah. Beberapa di antaranya juga bahkan bisa dibilang merupakan perangkat kelas menengah premium karena memiliki harga yang cukup tinggi, sebut saja seperti Galaxy A80 dan juga Mi Note 10.

  Nvidia GeForce RTX 3070, 3080, dan 3090, Tiga Kartu Grafis Terbaru Berbasis Ampere

Jadi, dengan meluncurnya Snapdragon 732G ini, bisa dibilang chipset tersebut akan hadir di banyak smartphone yang juga mengisi segmen tersebut. Sayangnya hingga saat ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai smartphone terbaru apa yang akan menggunakan chipset tersebut.

Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *