ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE

Sekitar seminggu yang lalu, Elitegroup Computer Systems atau yang biasa kita kenal dengan nama ECS, secara resmi meluncurkan dua seri mini PC terbarunya, yaitu Liva XE dan Liva ZE.

ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE - reviewcorner.id

Kedua mini PC tersebut memiliki ukuran yang sangat ringkas. ECS Liva XE memiliki warisan desain seperti beberapa varian Liva sebelumnya. Saking ringkasnya, mini PC ini kira-kira cuma seukuran telapak tangan. Sedangkan Liva ZE memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, tapi tetap sangat kompak.

ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE - reviewcorner.id

Soal spesifikasinya, ECS Liva XE menggunakan prosesor Intel Braswell Celeron N3050 yang berkecepatan 1,6 GHz dan punya RAM sebesar 2 GB. Prosesor tersebut sebenarnya bukan prosesor yang benar-benar baru, tapi masih digunakan karena pihak ECS mengatakan bahwa mini PC ini ditujukan untuk pengguna yang masih ingin menggunakan sistem operasi Windows 7. Seperti yang mungkin kamu sudah ketahui, Microsoft mewajibkan instalasi Windows 10 pada prosesor yang lebih baru.

ECS Liva XE ini memiliki tiga buah port USB 3.0 di bagian depannya, salah satunya selalu aktif dan bisa digunakan untk charging. Sedangkan di bagian belakangnya mempunyai port LAN gigabit, HDMI, serta analog D-Sub.

ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE - reviewcorner.id

ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE - reviewcorner.id

Tersedia dua pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 32 GB dan 64 GB dan ditambah lagi tersedia port M.2 di dalamnya untuk SSD.

Kamu bisa melihat video first impression ECS Liva XE di bawah ini.

 

Yang satu lagi, ECS Liva ZE, lebih ditujukan untuk penggunaan di lingkungan bisnis. Terlihat dari tersedianya empat buah port RS232 pada mini PC ini. Lalu, Liva ZE ini juga dibekali dengan prosesor yang lebih baru dibandingkan Liva XE, yaitu Celeron Apollo Lake.

  Skullcandy Indy, Pesaing Airpods dengan Desain Mirip, Harga Lebih Murah

Untuk RAM, Liva ZE ini menyediakan dua buah slot RAM SO-DIMM DDR3L dengan kapasitas maksimal 8 GB. Lalu penyimpanannya menggunakan eMMC berkapasitas 32 GB atau 64 GB yang masih bisa ditambah dengan slot M.2 atau SATA 2,5 inci.

ECS Luncurkan Mini PC Liva XE dan Liva ZE - reviewcorner.id
ECS Liva ZE

 

Mini PC ini memiliki dua buah port LAN gigabit, port HDMI, serta koneksi WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0.

Selain konsumsi daya yang hemat, baik ECS Liva XE maupun Liva ZE ini juga hening karena desainnya sama sekali tidak menggunakan kipas. Lalu untuk membuatnya semakin irit tempat, keduanya juga mendukung pemasangan menggunakan VESA mount di belakang layar.

Soal harganya, ECS Liva XE dijual dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar 2 jutaan. Sedangkan Liva ZE akan menyusul diluncurkan ke pasaran dengan harga yang belum disebutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *