Nokia C3: Tampilan Konvensional, Spesifikasi Entry-Level

HMD Global memperkenalkan sebuah smartphone Nokia terbaru yaitu Nokia C3. Namanya terdengar mirip dengan sebuah handphone berbentuk candybar dengan keyboard QWERTY yang pernah diluncurkan Nokia tahun 2010 lalu.

Smartphone ini diposisikan sebagai sebuah smartphone entry-level. Harganya pun terjangkau, yaitu dipatok pada Rp1.599.000.

Secara spesifikasi, Nokia C3 ini diposisikan sebagai penerus dari Nokia C2. Oleh karena itu, terdapat sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya itu.

Salah satunya adalah dari sisi layar. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6 inci, lebih besar dibandingkan layar Nokia C2 yang berukuran 5,7 inci. Meskipun begitu, layarnya tetap masih memiliki resolusi HD+ 720 x 1440 dengan aspect ratio 9:18.

Untuk dapur pacunya, smartphone Nokia C3 ini dibekali dengan chipset Unisoc SC9863A octa core yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 2 GB. Untuk memori penyimpanannya, terdapat memori internal sebesar 16 GB yang bisa diperluas melalui slot microSD yang mendukung kapasitas hingga 128 GB.

Di sektor kamera, Nokia C3 ini masih mengusung konfigurasi kamera belakang tunggal yang memiliki resolusi 8 mega piksel f/2.0. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 mega piksel f/2.4.

Yang menarik, smartphone Nokia yang satu ini masih mengusung baterai yang bisa dilepas pasang. Kapasitas baterainya sebesar 3.040 mAh yang terbilang kecil untuk standar zaman sekarang. Apalagi tidak ada juga teknologi fast charging di smartphone ini

Secara tampilan, smartphone Nokia C3 ini tampil konvensional. Bezel di bagian atas dan bawahnya masih terasa cukup tebal karena tidak menggunakan desain notch atau punch hole. Kemudian di belakangnya, terdapat sebuah fingerprint scanner yang diposisikan di bagian bawah kamera.

  Nvidia GeForce MX450, Chip Grafis untuk Laptop Mainstream

Dengan harga Rp1.599.000, Nokia C3 punya saingan berat dari banyak kompetitornya yang dijual dengan kisaran harga yang sama yang menawarkan spesifikasi yang lebih menarik. Namun, smartphone ini tetap punya daya tariknya sendiri, yaitu baterai yang bisa dilepas pasang, serta dukungan sistem operasi Android One yang menjamin update sistem operasi dan keamanan terbaru yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *