Nokia 9 PureView

Nokia 9 PureView, Pertama dengan 5 Kamera

Di era Symbian beberapa tahun yang lalu, Nokia pernah merilis 808 PureView yang menjadi smartphone pertama dengan kamera 41 mega piksel dengan teknologi PureView. Teknologi tersebut dilanjutkan di varian-varian Nokia Lumia dan kini hadir kembali di smartphone Android terbarunya, Nokia 9 PureView.

Di saat banyak produsen masih berkutat dengan dua, tiga, atau empat kamera belakang, Nokia 9 PureView langsung menggebrak dengan menggunakan lima kamera belakang sekaligus menjadi smartphone pertama yang menggunakan konfigurasi lima kamera. Kelima kamera tersebut juga merupakan hasil kolaborasi dengan Zeiss.

  Huawei Mate X, Smartphone Lipat Pertama Huawei dengan 5G

Nokia pun mendesain lima kamera belakang dari smartphone ini dengan unik. Kelima kameranya diposisikan sedemikian rupa sehingga membentuk formasi memutar di belakangnya.

Nokia 9 PureView

Lima kamera tersebut terdiri dari tiga sensor monokrom dan dua sensor warna. Konfigurasi tersebut diyakini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas maksimal karena banyaknya data yang diolah untuk menghasilkan sebuah foto. Seluruh sensor tersebut memiliki resolusi 12 mega piksel.

Oh ya, dengan konfigurasi tersebut, maka Nokia 9 PureView ini tidak dilengkapi dengan pilihan lensa yang berbeda seperti lensa tele atau ultrawide. Selain lima kamera, di bagian belakangnya juga terdapat LED flash dan sebuah depth sensor untuk menciptakan efek bokeh. Sementara untuk kamera depannya, smartphone ini memiliki sebuah kamera dengan resolusi 20 mega piksel.

Untuk dapur pacunya, Nokia 9 PureView masih mengandalkan chip Qualcomm Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM sebesar 6 GB serta memori internal sebesar 128 GB. Kemudian smartphone ini menggunakan layar OLED berukuran 5,99 inci dengan resolusi 2K yang juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang tertanam di dalam layar.

  Hands-on: Samsung Galaxy S10+, Semakin Mewah

Selain itu, bodi smartphone ini juga telah mengantongi sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan air hingga kedalaman satu meter selama 30 menit. Lalu terdapat baterai berkapasitas 3.320 mAh yang mendukung wireless charging dan fast charging. Sayangnya port audio 3,5 mm tidak tersedia di smartphone ini.

Sama seperti smartphone Nokia lainnya, smartphone ini juga merupakan perangkat Android One yang akan menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie. Hadirnya smartphone ini seolah menunjukkan keseriusan Nokia untuk kembali menghadirkan smartphone yang berfokus pada aspek fotografi seperti yang sudah pernah dilakukan di era Symbian dan Windows Phone lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *