Synology DS1821+, Kapasitas Tinggi Dalam Desain Ringkas

Beberapa waktu yang lalu, Synology memperkenalkan satu lagi perangkat network attached storage (NAS) terbarunya yaitu Synology DS1821+. NAS ini sekaligus menjadi NAS Synology kedua yang menggunakan prosesor AMD Ryzen di dalamnya.

Sebelumnya, Synology juga telah meluncurkan DS1621+ yang menjadi varian pertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen. Keduanya sama-sama ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, pribadi, content creator, dan juga bisnis skala kecil.

Penggunaan prosesor AMD Ryzen di NAS Synology yang satu ini diklaim telah terbukti mampu memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan para pendahulunya, serta membuat berbagai aplikasi di dalamnya seperti Synology Moments dan Synology Drive menjadi jauh lebih responsif.

  Synology DS1621+, Kinerja Tinggi dengan AMD Ryzen

“Seiring dengan meningkatnya kebutuhan data, ekspektasi pengguna kami untuk solusi yang dapat memenuhi kebutuhan kinerja dan kapasitas juga terus meningkat,” ujar Julien Chen, Product Manager Synology. “DS1821+ dirancang khusus untuk pengguna yang membutuhkan solusi penyimpanan serbaguna, dalam lingkungan multi-pengguna sekalipun.”

Synology DS1821+ memiliki delapan buah bay hard disk secara standar. Namun jika terasa masih kurang, kamu dapat memperbesar kapasitasnya hingga 18 unit hard disk dengan menggunakan unit ekspansi Synology DX517 sebanyak dua unit.

Dapur pacu NAS Synology DS1821+ ini diisi oleh prosesor AMD Ryzen V1500B quad core yang berkecepatan 2,2 GHz, sama seperti DS1621+. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM DDR4 4 GB yang bisa ditingkatkan menjadi 32 GB melalui dua slot SODIMM yang tersedia.

Untuk urusan konektivitas pun, NAS ini terbilang sangat lengkap di kelasnya. Selain bisa dihubungkan dengan unit ekspansi untuk meningkatkan kapasitas, NAS ini juga menyediakan empat buah port LAN 1 Gbps yang mendukung link aggregation dan failover.

Selain itu juga masih ada empat buah port USB 3.2 serta dua buah port eSATA. Sebagai tambahan, masih ada juga dua buah slot M.2 untuk dipasangkan SSD NVMe sebagai cache, serta slot PCI-Express x8 untuk LAN card 10 Gbps untuk membuat kinerjanya semakin cepat.

  Review Synology DS220+, NAS Ringkas untuk Rumahan & Kantor

Sama seperti perangkat NAS Synology lainnya, NAS Synology yang satu ini juga menggunakan sistem operasi DiskStation Manager alias DSM. Di dalamnya terdapat berbagai fitur menarik, termasuk juga kemampuan untuk menambahkan berbagai aplikasi untuk menambah fungsinya lebih dari sekadar tempat penyimpanan semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *