Synology DS1819+

Synology DS1819+, NAS Kapasitas Besar untuk Profesional

Mengawali tahun 2019 ini, produsen network attached storage (NAS) Synology mengumumkan kehadiran sebuah perangkat NAS baru untuk segmen bisnis dan profesional yaitu Synology DiskStation DS1819+. Ditargetkan untuk pengguna profesional dan kelas atas, NAS ini memiliki kemampuan kapasitas besar serta beberapa fitur pendukung canggih lainnya.

Synology DS1819+ merupakan sebuah NAS yang ditujukan segmen bisnis skala menengah hingga besar. Walaupun begitu, kamu pun tetap bisa menggunakan NAS ini di rumah apabila kamu memang memiliki data sebanyak itu.

  Review Seagate IronWolf 14TB, Kapasitas Besar untuk NAS Rumahan dan Profesional

Untuk kebutuhan bisnis dan profesional, NAS ini memiliki dukungan kapasitas yang besar. Secara keseluruhan, NAS ini bisa menampung hingga delapan belas unit hard disk (HDD). Delapan unit melalui NAS ini secara langsung, sedangkan sepuluh unit sisanya bisa didapatkan dengan menggunakan tambahan dua unit ekspansi yang masing-masing berkapasitas lima unit HDD.

Synology DS1819+

Dengan kapasitas total delapan belas unit HDD, maka kamu bisa mendapatkan sebuah volume penyimpanan yang besar. Apabila kamu menggunakan HDD berkapasitas 12 TB saja, maka kamu bisa mendapatkan volume penyimpanan hingga 216 TB. Namun kapasitas total akhirnya tergantung dari konfigurasi RAID yang kamu gunakan.

Spesifikasi Synology DS1819+

DS1819+ menggunakan spesifikasi yang telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya, 1817+. NAS ini menggunakan prosesor Intel C3538 quad core dengan kecepatan 2,1 GHz. Prosesor tersebut dikombinasikan dengan RAM DDR4 sebesar 4 GB yang masih bisa ditingkatkan hingga 32 GB untuk kinerja sistem yang lebih cepat dan responsif.

Selain itu, NAS ini juga memiliki slot M.2 yang mendukung NVMe dan SATA. Slot M.2 ini berfungsi sebagai cache untuk menampung data secara sementara untuk meningkatkan kecepatan baca dan tulis.

  Review Seagate Barracuda Pro 14 TB, Kapasitas Besar Berteknologi Helium

Untuk konektivitas jaringannya, Synology DS1819+ ini dilengkapi dengan empat buah port LAN gigabit. Namun masih ada sebuah slot PCI-Express yang bisa digunakan untuk memasangkan kartu jaringan 10 GbE untuk kecepatan transfer data yang lebih kencang. NAS ini diklaim mampu mencatatkan kecepatan sequential read hingga 2045 MB/s, dan sequential write hingga 656 MB/s yang sudah tergolong kencang untuk kelasnya.

Kemudian, Synology DS1819+ menggunakan sistem operasi Synology DiskStation Manager. Sistem operasi tersebut didukung oleh beragam aplikasi tambahan termasuk banyak aplikasi pihak ketiga untuk menambah fungsionalitas NAS ini lebih dari sekadar tempat penyimpanan data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *