Synology FlashStation FS2500, NAS SSD untuk Aplikasi Bisnis dan Enterprise

Menjelang penghujung tahun 2021, Synology memperkenalkan sebuah perangkat network attached storage atau NAS terbarunya yaitu Synology FlashStation FS2500. Perangkat ini masuk ke dalam jajaran NAS all-flash alias yang seluruhnya menggunakan SSD.

Sesuai namanya, Synology FlashStation FS2500 ini merupakan sebuah perangkat server penyimpanan yang menggunakan SSD sebagai media simpannya. Perangkat ini didesain untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau enterprise, terutama untuk aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data yang sangat cepat dengan latensi yang rendah.

  Review Synology DS220+, NAS Ringkas untuk Rumahan & Kantor

Menggunakan SSD sebagai media simpan membuat perangkat ini tampil dengan desain yang sangat ringkas. Dengan menggunakan sasis ukuran 1U, FS2500 mampu menampung hingga 12 unit SSD sehingga kapasitas maksimal yang bisa ditampungnya juga besar.

Synology FlashStation FS2500

“FS2500 terbaru ini dapat menjawab kebutuhan yang terus meningkat akan komputasi yang terdistribusi,” ujar Julien Chen, Product Manager di Synology. “Bentuk yang kompak menjadikannya solusi serbaguna yang dapat digunakan di edge atau aplikasi seluler.”

Spesifikasi Synology FlashStation FS2500

Sebagai sebuah server penyimpanan atau NAS yang menggunakan SSD, perangkat ini menjanjikan kinerja yang sangat baik. Di atas kertas, perangkat NAS yang satu ini mampu memberikan kinerja random read/write 4K hingga 170.000/82.000 IOPS.

Untuk koneksi jaringannya sendiri, perangkat ini dilengkapi dengan dua buah port LAN 10 Gbps, serta masih juga dilengkapi dengan slot untuk kartu ekspansi 25 Gbps.

  Synology DS1520+, Dukung Kapasitas Besar untuk Berbagai Kebutuhan

Oh ya, walaupun didesain untuk kebutuhan bisnis dan enterprise, namun perangkat ini tetap menggunakan sistem operasi Synology DiskStation Manager atau DSM. Sistem operasi tersebut juga digunakan pada perangkat-perangkat NAS Synology untuk level konsumen.

Jadi, dari sisi penggunaan, seharusnya tidak ada perbedaan yang signifikan, termasuk dari tampilan antarmukanya. Kemungkinan ada sedikit perbedaan dari sisi fitur serta pilihan aplikasi tambahan yang tersedia untuk menambahkan fungsi NAS ini lebih dari sekadar media penyimpanan.

Harga FlashStation FS2500

Sebagai sebuah perangkat yang ditujukan untuk keperluan bisnis, harga Synology FlashStation FS2500 bervariasi. Harganya tergantung dari konfigurasi yang digunakan, mulai dari kapasitas penyimpanan, hingga perangkat ekspansi yang mungkin ditambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *