Review Linksys EA8500

Kamu mungkin belum pernah mendengar istilah Multi User Multiple-Input Multiple-Output (MU-MIMO). Istilah MU-MIMO mungkin belum begitu familiar di Indonesia. Maklum saja, teknologi ini biasanya hanya tersedia secara terbatas pada perangkat wireless router high-end yang berbanderol tinggi. Sedangkan mayoritas konsumen di Indonesia lebih banyak menggunakan perangkat wireless router kelas entry-level yang memiliki fitur biasa-biasa saja.

Informasi mengenai MU-MIMO bisa kamu baca di sini. Gampangnya, fitur tersebut membuat bandwidth bisa terbagi secara lebih merata saat banyak perangkat yang terhubung dan mengakses jaringan secara bersamaan.

Wireless router Linksys EA8500 ini adalah salah satu wireless router yang mendukung teknologi tersebut. Diposisikan sebagai wireless router kelas atas, wireless router ini memang memiliki harga yang tinggi, empat jutaan. Bukan cuma MU-MIMO, namun wireless router ini juga memiliki sejumlah keunggulan lain.

Desain

Linksys EA8500 ini punya ukuran yang cukup besar. Perangkat ini punya empat buah antena eksternal yang telah mendukung MU-MIMO serta beamforming. Dua antena berada di bagian belakang, sedangkan dua ada di masing-masing sisi kiri dan kanan.

  Samsung Galaxy A80, Kelas Menengah dengan Fitur Flagship

Bagian belakangnya berisi empat buah port LAN dan sebuah port WAN. Semuanya sudah berkecepatan gigabit. Lalu ada satu port USB 2.0 dan satu port USB 3.0. Ada juga beberapa tombol-tombol lain seperti tombol switch power, WPS, dan wireless on/off.

One Reply to “Review Linksys EA8500”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *