Review Linksys EA2750

Review Linksys EA2750

Perangkat wireless router sekarang ini mungkin sudah hadir hampir di setiap rumah, mungkin termasuk juga rumah kamu.

Jika kebetulan kamu saat ini membutuhkan sebuah wireless router atau ingin mengganti wireless router lama kamu, kali ini, saya akan mengulas sebuah wireless router entry-level dari Linksys yaitu EA2750.

Desain

Linksys EA2750 ini punya desain dan tampilan yang menurut saya sangat sederhana. Ukurannya terbilang kompak dan ringkas.

Di bagian atasnya tak ada lampu indikator yang menandakan aktivitas router ini. Hanya ada deretan lampu indikator di bagian belakang yang biasanya ada di setiap port LAN sehingga cukup sulit untuk mendeteksi apakah wireless router ini sedang beroperasi atau tidak tanpa melongok ke belakangnya.

Review Linksys EA2750

Wireless router ini memiliki dua buah antena berukuran kecil yang diposisikan di bagian belakang. Dua buah antena yang tidak bisa dilepas ini punya daya jangkau yang cukup lumayan yang bisa menjangkau ruang atau rumah berukuran kecil hingga sedang.

Lalu di bagian belakangnya terdapat empat buah port LAN dan satu buah port WAN gigabit. Ada sebuah switch power untuk memudahkan kamu menghidupkan atau mematikan Linksys EA2750 ini.

Review Linksys EA2750

Sebagai tambahan, tersedia juga sebuah port USB 2.0 di bagian belakang ini. Port tersebut bisa kamu gunakan untuk menghubungkan external drive seperti USB flash disk atau harddisk sehingga media simpan tersebut bisa diakses melalui jaringan.

Spesifikasi

Linksys EA2750 ini memang diposisikan sebagai sebuah wireless router kelas entry-level. Tawaran spesifikasinya pun sederhana karena masih mendukung koneksi maksimum hanya 802.11n.

Meskipun begitu, Linksys EA2750 ini sudah menawarkan koneksi dual band yang berarti kamu bisa menggunakan koneksi 5 GHz yang cenderung lebih stabil dan lebih cepat.

Baik 2,4 GHz maupun 5 GHz, wireless router ini mendukung kecepatan maksimal hingga 300 Mbps. Untuk memanfaatkan koneksi 5 GHz, tentunya perangkat seperti komputer atau gadget yang kamu gunakan harus telah mendukung koneksi tersebut.

  Review Samsung Galaxy A54 5G: Performa Mid-End dengan Tampilan Flagship

Linksys EA2750 ini memiliki panel kontrol konfigurasi yang mirip seperti Linksys EA8500 yang bisa kamu baca reviewnya di sini.

Review Linksys EA2750

Untuk memudahkan kamu, Linksys juga menyediakan aplikasi Linksys Smart WiFi untuk Android dan iOS yang bisa digunakan untuk melakukan kontrol dan konfigurasi pada wireless router ini.

Review Linksys EA2750

Pada aplikasi Linksys Smart WiFi, tersedia beberapa pengaturan seperti parental control, security, dan beberapa opsi lainnya. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengakses wireless router dari luar jaringan. Syaratnya kamu perlu membuat akun di Linksys Smart WiFi dan menghubungkan Linksys EA2750 ini ke akun tersebut.

Kinerja

Walaupun tak menyediakan koneksi 802.11ac, namun Linksys E2750 ini mampu menghasilkan kinerja yang bagus. Bahkan kinerjanya menurut saya terbilang sangat bagus untuk kelasnya.

Review Linksys EA2750

Selain kinerjanya yang baik, ternyata Linksys EA2750 ini juga memiliki kinerja yang stabil.

Review Linksys EA2750

Artinya, kamu akan jarang mengalami koneksi yang mendadak drop atau melambat saat menggunakan wireless router ini.

***

Walaupun tak menawarkan spesifikasi yang tinggi seperti koneksi 802.11ac, Linksys EA2750 ini tetap mampu memberikan kinerja yang sangat baik. Dijual dengan harga sekitar satu jutaan, Linksys EA2750 merupakan wireless router yang sangat menarik karena kecepatannya yang bagus dan juga stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *