Spesifikasi dan Harga iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

Sedikit di luar kebiasaan, tahun ini Apple merilis tiga varian iPhone baru sekaligus yaitu iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Kalau diperhatikan pun, ketiganya menggunakan skema nama baru yang berbeda dari pendahulunya.

iPhone XS dan iPhone XS Max merupakan penerus dari seri iPhone X yang diumumkan diskontinu tepat setelah pengumuman peluncuran seri terbarunya, iPhone XS dan iPhone XS Max bisa dibilang merupakan varian standar dan Plus jika merujuk dari varian-varian sebelumnya.

  Spesifikasi Pocophone F1, Smartphone Mid-End Rasa Flagship dari Xiaomi

iPhone XS dan iPhone XS Max memiliki spesifikasi internal yang sama, yaitu menggunakan chipset Apple A12 Bionic yang merupakan chipset terbaru dari Apple. Desainnya sendiri juga masih mirip dengan iPhone X, yaitu dengan notch atau poni yang cukup lebar di bagian tengah atasnya.

Perbedaan iPhone XS dan iPhone XS Max ada pada ukuran layarnya. iPhone XS memiliki layar AMOLED dengan ukuran 5,8 inci dan resolusi 1125 x 2436 piksel. Sedangkan iPhone XS Max memiliki layar AMOLED dengan ukuran 6,5 inci dan resolusi 1242 x 2688 piksel.

iPhone XS & iPhone XS Max

Kemudian dari sisi kamera, iPhone XS dan iPhone XS Max sama-sama memiliki konfigurasi kamera ganda di belakangnya dengan konfigurasi wide dan telephoto dan sama-sama memiliki resolusi 12 mega piksel. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 7 mega piksel.

Yang ketiga adalah iPhone XR. Kalau kamu pernah ingat bahwa Apple pernah merilis iPhone 5C di tahun 2013 lalu sebagai solusi iPhone murah, maka iPhone XR ini juga bisa dibilang adalah solusi iPhone terjangkau untuk generasi saat ini. iPhone XR merupakan varian paling terjangkau di antara ketiganya. Tentunya smartphone ini punya beberapa aspek yang harus disesuaikan untuk membuatnya lebih terjangkau.

  Infinix Hot S3X, Smartphone Android Paling Murah untuk Desain Berponi

iPhone XR menggunakan chipset Apple A12 Bionic yang sama dengan yang digunakan pada iPhone XS dan iPhone XS Max. Maka untuk urusan kinerja chipset, seharusnya iPhone XR tidak akan ketinggalan dibandingkan dua varian yang lainnya. Namun iPhone XR tidak menggunakan layar AMOLED. Sebagai gantinya, smartphone ini memiliki layar 6,1 inci dengan LCD biasa.

iPhone XR

Desain iPhone XR pun sama, yaitu memiliki notch atau poni, serta tanpa tombol home. Kemudian iPhone XR juga hanya memiliki satu kamera saja di belakang dengan resolusi 12 mega piksel. Namun tidak perlu khawatir karena kamera ini juga mampu menciptakan efek bokeh. Kemudian kamera depannya juga sama-sama 7 mega piksel.

  Zyrex ZT 216 4G, Tablet Murah Sejutaan dengan Koneksi 4G

Yang menarik dari perilisan ketiga iPhone ini adalah, Apple akhirnya memberikan fitur dual SIM. Meskipun begitu, opsi dual SIM pada iPhone XS, XS Max, dan XR adalah kombinasi dari nano SIM serta eSIM. Sedangkan eSIM merupakan sebuah teknologi yang mirip dengan injeksi nomor ke dalam smartphone, namun dengan pendekatan yang berbeda. Dan setahu saya teknologi tersebut belum tersedia di sini. Jadi, kalaupun ketiga iPhone ini hadir di Indonesia, kita mungkin sementara hanya dapat menggunakan satu SIM saja.

Oh ya, iPhone XS, XS Max, dan XR tersedia dalam pilihan kapasitas 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. iPhone XS dijual dengan harga mulai dari US$999, iPhone XS Max mulai dari US$1099, dan iPhone XR mulai dari US$749.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *