iPhone SE 2020

iPhone SE 2020, iPhone Murah Tapi Canggih

iPhone memang biasanya sinonim dengan mahal. Namun, Apple baru saja kembali menghidupkan varian iPhone SE, sebuah varian iPhone murah yang generasi pertamanya lahir pada tahun 2016 lalu.

Jika pada saat kemunculannya pertama kali, smartphone ini menggunakan desain ala iPhone 5s yang ringkas dengan layar 4 inci, iPhone SE generasi terbaru yang disebut sebagai iPhone SE 2020 ini menggunakan desain iPhone 8 yang juga serupa dengan iPhone 7.

Smartphone ini menggunakan layar 4,7 inci Retina HD dengan fitur True Tone, Dolby Vision, dan HDR10.

  Amankan WhatsApp di iPhone dengan Touch ID atau Face ID, Begini Caranya

Mengambil desain iPhone 8 membuat iPhone SE 2020 ini tampil berbeda dibandingkan varian iPhone lain yang ada saat ini seperti iPhone 11 maupun iPhone 11 Pro. Smartphone ini masih memiliki bagian bezel atas dan bawah yang tebal, serta masih menyediakan tombol home yang juga berfungsi sebagai fingerprint scanner Touch ID.

Sehingga, smartphone ini menjadi satu-satunya iPhone yang masih menyediakan Touch ID saat ini. Tapi buat saya kehadiran Touch ID ini justru lebih berguna dibandingkan Face ID untuk berbagai situasi, termasuk saat harus menggunakan masker atau helm.

Bodi iPhone SE 2020 menggunakan bagian belakang kaca dengan rangka aluminium dan tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, putih, dan (Product)Red atau merah. Smartphone ini juga sudah mendukung wireless charging serta telah memiliki sertifikasi IP67 untuk ketahanan air dan debu.

Warna iPhone SE 2020

Walaupun membawa desain yang bisa dibilang jadul, namun untuk urusan dapur pacunya iPhone SE 2020 ini tidak kalah. Di dalamnya, Apple menyematkan chipset A13 Bionic yang sama seperti iPhone 11 dan iPhone 11 Pro.

  Spesifikasi & Harga Redmi 8A Pro, Peningkatan Sedikit di Sisi Kamera

Kemudian untuk sektor kameranya, smartphone ini menggunakan konfigurasi kamera tunggal seperti iPhone XR. Kamera ini memiliki sensor 12 mega piksel f/1.8 dan sudah dilengkapi dengan beberapa fitur penting seperti OIS, Smart HDR, Portrait Mode, Potrait Lighting, dan Depth Control.

Sementara kamera depannya menggunakan sensor 7 mega piksel yang ditempatkan di area bezel atas, sama seperti iPhone 8.

  Review Realme 6 Pro: Total 6 Kamera dan Layar 90 Hz

Punya tampilan lawas minimalis dengan dapur pacu terkini membuat iPhone SE menurut saya cocok bagi orang yang ingin tampil sederhana dan tidak neko-neko. Penggunakan chipset iPhone terkini juga membuatnya akan punya masa pakai yang panjang karena akan mendapatkan update paling tidak hingga empat sampai lima tahun mendatang.

Diposisikan sebagai iPhone murah, smartphone ini tersedia dalam varian 64 GB, 128 GB, dan GB serta dijual dengan harga mulai dari US$399. Jika hadir di Indonesia secara resmi nantinya, mungkin saja smartphone ini akan mempunyai harga mulai dari sekitar 8-9 jutaan.

Mahal memang untuk ukuran sebuah smartphone entry level. Tapi masih termasuk murah untuk sebuah iPhone. Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *