Nokia 3310

Selamat Datang Kembali, Nokia 3310!

Rumor lahir kembalinya ponsel legendaris Nokia 3310 terjawab sudah. Pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2017 di Barcelona, HMD Global selaku pemegang lisensi merk Nokia secara resmi memperkenalkan reinkarnasi dari Nokia 3310.

Munculnya Nokia 3310 ini juga rasanya sangat mencuri perhatian. Padahal, pada kesempatan yang sama HMD Global juga memperkenalkan tiga smartphone Android, yaitu Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3.

Nokia 3310 versi baru ini hadir dengan desain yang sedikit berbeda jika dibandingkan pendahulunya yang diluncurkan 17 tahun silam. Yang tentu paling terlihat adalah dimensinya yang lebih ramping. Layarnya pun bertambah lebar jadi 2,4 inci QVGA dan tak lagi monokrom.

Nokia 3310

Ada tiga tombol navigasi yang berada di atas keypad, sama seperti dulu. Namun fungsi tombolnya berbeda. Jika dulu ketiga tombol ini berfungsi untuk back, select, dan tombol panah atas-bawah. Kini tombolnya berfungsi menjadi option, navigasi empat arah, dan back, lebih mirip seperti feature phone Nokia yang dirilis belakangan ini.

Kalau 17 tahun yang lalu Nokia 3310 tidak memiliki kamera, maka Nokia 3310 baru ini kini memiliki sebuah kamera belakang yang memiliki resolusi 2 mega piksel, standar untuk sebuah feature phone.

Untuk urusan konektivitas, Nokia 3310 hanya memiliki koneksi Bluetooth, tanpa WiFi. Koneksi jaringannya pun hanya 2G, belum 3G apalagi LTE. Agak disayangkan. Apalagi HMD Global juga menyematkan browser Opera di dalamnya. Browsing dalam koneksi 2G? Hmmm… agak sulit dibayangkan di zaman sekarang.

  Canon Mini Photo Printer, Printer Foto Mungil untuk Cetak di Mana Saja

Ponsel ini menggunakan sistem operasi Symbian Series 30+. Untuk menguatkan kesan nostalgia, terdapat juga game Snake yang dulu sangat populer.

Nokia 3310 ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 1.200 mAh. Dengan kapasitas baterai segitu, HMD Global mengklaim ponsel ini bisa bertahan hingga sekitar satu bulan dalam keadaan standby, atau 51 jam saat memutar musik non stop. Oh ya, ada juga slot microSD yang mendukung 32 GB untuk menyimpan berbagai file.

Nokia 3310 versi baru ini akan dijual dengan harga 49 euro atau sekitar Rp700.000. Untuk membangkitkan rasa nostalgia pengguna yang dulu pernah memiliki ponsel ini, Nokia 3310 ini rasanya layak dijadikan koleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *