Xbox Project Scarlett

Xbox Project Scarlett, Konsol Masa Depan dengan 8K dan 120 Hz

Xbox, seri konsol besutan Microsoft, sepertinya akan mendapatkan varian baru lagi. Melakukan debut di segmen konsol melalui seri Xbox pada awal tahun 2000an lalu dan telah berkembang menjadi beberapa generasi, kini Microsoft tengah menyiapkan varian Xbox generasi terbaru yang saat ini masih sebatas menggunakan nama sandi, Project Scarlett.

Microsoft sendiri menyebutkan bahwa setidaknya konsol tersebut akan mulai hadir di pasaran pada tahun 2020 mendatang. Akan ada dua varian konsol yang akan dihadirkan oleh Microsoft. Kedua konsol tersebut dirancang untuk menggantikan Xbox One X di kelas atas dan Xbox One S di varian di bawahnya yang lebih terjangkau. Namun, kedua konsol tersebut akan menjanjikan kinerja yang jauh lebih kencang dibandingkan konsol generasi saat ini.

  Review Prolink PPB1002: Power Bank Lengkap dengan Power Delivery

Nah, Project Scarlett ini sepertinya merupakan penerus dari seri Xbox One X yang merupakan konsol kelas flagship dengan kinerja tinggi. Oleh karena itu, Project Scarlett ini juga akan memiliki spesifikasi yang tinggi.

Microsoft akan menggunakan sebuah prosesor berbasis arsitektur AMD Zen 2 yang dikustomisasi secara khusus dan dikombinasikan dengan chip grafis berbasis arsitektur Radeon RDNA. Kombinasi tersebut diklaim akan membuat kinerjanya menjadi hingga lebih dari empat kali lipat Xbox One X. Microsoft juga menggunakan GDDR6 yang berkecepatan tinggi untuk mendongkrak kinerjanya.

Xbox Project Scarlett

Selain itu konsol Project Scarlett ini juga akan mendukung resolusi hingga 8K, dan frame rate hingga 120 frame per detik dengan dukungan variable frame rate, serta dukungan terhadap ray tracing. Untuk memberikan kinerja yang kencang, Microsoft akan menggunakan SSD generasi terbaru yang juga akan berfungsi sebagai RAM virtual untuk mempercepat proses loading game.

  Review Nokia 5.1 Plus: Comeback Nokia di Kelas Menengah

Project Scarlett besutan Microsoft ini akan bersaing dengan PlayStation 5 besutan Sony yang kabarnya juga akan menggunakan arsitektur dan konfigurasi spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Tentu belum ada informasi lebih lanjut mengenai perkiraan harga konsol ini. Namun mengingat spesifikasi yang dijanjikannya, serta waktu peluncuran yang tidak terlalu lama lagi, sepertinya Project Scarlett (dan juga PlayStation 5) akan dibanderol dengan harga yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *