Prolink PPB1002

Review Prolink PPB1002: Power Bank Lengkap dengan Power Delivery

Apakah kamu termasuk orang yang rajin membawa power bank atau baterai eksternal kemana-mana untuk menemani perangkat mobile kamu seperti smartphone atau handheld? Jika ya, Prolink menyediakan beberapa varian power bank, salah satunya adalah Prolink PPB1002 yang cukup menarik karena menawarkan fitur Power Delivery.

Desain

Prolink PPB1002 memiliki desain yang cukup sederhana dengan dimensi yang cukup ramping. Bodinya yang berbahan utama plastik terasa cukup solid dan berkualitas. Apalagi bodinya tersebut juga memiliki lapisan sejenis karet halus yang membuatnya terasa mantap saat digenggam, serta memberikan perlindungan ekstra saat terbentur.

Namun, lapisan karet halusnya tersebut juga terasa mudah tergores apabila diletakkan bersama dengan barang-barang lain. Untungnya, Prolink juga memberikan kantung atau pouch yang bisa melindunginya dari benturan dan goresan.

Paket Prolink PPB1002

Selain pouch, paket penjualan Prolink PPB1002 ini juga menyediakan sebuah kabel micro USB dan sebuah kabel USB Type-C. Keduanya memiliki ukuran yang cukup pendek sehingga ringkas dan mudah untuk dimasukkan juga ke dalam pouch.

  Think Tank Mindshift Backlight Elite 45L, Tas Kamera Super Besar untuk Para Petualang

Pada bagian sisinya, terdapat port USB Type-A untuk keluaran daya serta sebuah port micro USB untuk pengisian daya baterai. Selain itu juga terdapat sebuah port USB Type-C yang mendukung teknologi Power Delivery 3.0.

Port PPB1002

Kemudian terdapat sebuah tombol yang jika ditekan akan menyalakan sebuah layar kecil yang menunjukkan sisa kapasitas baterai.

Lampu Indikator Power Bank

Spesifikasi Prolink PPB1002

Memiliki dimensi yang mirip seperti ukuran sebuah smartphone, Prolink PPB1002 ini memiliki kapasitas 10.000 mAh yang merupakan kapasitas yang lazim ditemui di zaman sekarang. Spesifikasi lengkap untuk Prolink PPB1002 bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Prolink PPB1002
Kapasitas Baterai Li-Polymer 10.000 mAh
Input 5 V/2 A (Micro USB)
5 V/ 2 A, 9 V/ 2A (USB Type-C)
Output 5 V/3 A, 9 V/2 A, 12 V/1,5 A (USB Type-A Quick Charge 3.0)
5 V/3 A, 9 V/2 A, 12 V/1,5 A (USB Type-C Power Delivery 3.0)
Fitur lain Power indicator
Dimensi 140 x 72 x 15 mm
Bobot 219 gram
  Think Tank Mindshift Backlight Elite 45L, Tas Kamera Super Besar untuk Para Petualang

Kapasitas 10.000 mAh sekarang ini rasanya sudah sangat memadai untuk menunjang kebutuhan daya kamu dalam beraktivitas sehari-hari. Apalagi tambahan dukungan teknologi USB Power Delivery 3.0 membuat power bank ini bukan hanya bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone, tapi juga perangkat lain yang mensyaratkan kebutuhan tersebut.

Fitur Prolink PPB1002

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, Prolink PPB1002 memiliki sebuah layar kecil yang menunjukkan kapasitas baterai yang tersisa. Fitur flashlight atau senter LED tidak tersedia pada power bank ini.

Spesifikasi Prolink PPB1002

Lalu, power bank ini juga sudah mendukung teknologi Quick Charge 3.0 dengan keluaran hingga 1,5 ampere pada tegangan 12 volt, 2 ampere pada tegangan 9 volt, dan 3 ampere pada tegangan 5 volt. Konfigurasi keluaran tersebut juga diterapkan pada port USB Type-C yang tersedia.

Kinerja

Untuk menjajal kinerjanya, saya telah menggunakan power bank ini selama sekitar dua minggu. Dan hasilnya cukup memuaskan.

Dengan klaim kapasitas murni sebesar 10.000 mAh, saya bisa mengisi baterai smartphone saya yang berkapasitas 3.200 mAh sebanyak tiga kali sebelum habis total dan perlu diisi kembali. Fitur quick charge yang dimiliki oleh power bank ini juga mampu berfungsi dengan baik.

  Review Nokia 5.1 Plus: Comeback Nokia di Kelas Menengah

Kemudian, dengan kemampuan daya masuk 2 ampere pada tegangan 5 volt, kamu bisa mengisi power bank ini dalam waktu sekitar 5 jam dengan menggunakan charger yang memiliki spesifikasi yang sama. Namun jika kamu memiliki charger dengan voltase yang lebih besar, power bank ini juga mendukung pengisian daya melalui port USB Type-C untuk pengisian yang lebih cepat.

Kesimpulan

Menyediakan kelengkapan serta spesifikasi yang memadai, power bank Prolink PPB1002 ini bisa menjadi salah satu perangkat pelengkap yang bisa kamu bawa saat beraktivitas sehari-hari.

Bodi PPB1002

Dengan ukuran yang cukup ringkas, serta telah dilengkapi dengan kabel micro USB serta USB Type-C berukuran pendek dan juga pouch pelindung membuat power bank ini bisa dibilang merupakan sebuah perangkat yang cukup lengkap. Andai saja Prolink juga memberikan satu kabel USB Type-C lagi untuk port Power Delivery-nya, tentunya akan lebih lengkap lagi.

Tertarik dengan power bank yang satu ini? Prolink PPB1002 ini dijual dengan harga Rp590.000 yang rasanya cukup wajar untuk sebuah power bank berkualitas dengan kapasitas murni serta beberapa fitur menarik.

Prolink PPB1002

Rp590.000
7

Rating

7.0/10

Plus

  • Mendukung Power Delivery 3.0
  • Mendukung Quick Charge 3.0
  • Paket aksesoris cukup lengkap
  • Bodi tidak licin
  • Ada indikator sisa baterai

Minus

  • Bodi mudah kotor
  • Tanpa kabel USB Type-C untuk port Power Delivery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *