Canon EOS 850D, DSLR Entry-level dengan Video 4K

Selain memperkenalkan kamera mirrorless full frame EOS R5 dan EOS R6 beberapa waktu lalu, Canon tidak ketinggalan juga menghadirkan sebuah kamera baru untuk segmen entry-level melalui DSLR Canon EOS 850D.

Walaupun diposisikan sebagai sebuah kamera entry-level, namun Canon EOS 850D ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang juga hadir di kamera profesional seperti Dual Pixel CMOS AF, dan sistem fokus iTR AF.

Bukan cuma itu, kamera DSLR Canon yang satu ini juga dilengkapi dengan kemampuan merekam video yang sangat menarik. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K.

Secara desain, bodi EOS 850D ini termasuk ringkas dan ringan dengan bobot hanya 515 gram. Bodinya tampil khas ala bodi kamera DSLR entry-level pada umumnya dengan mode dial di kanan, tanpa layar LCD atas.

Di dalamnya, kamera DSLR yang satu ini memiliki sensor CMOS APS-C dengan resolusi 24,1 mega piksel. Sensor tersebut didukung dengan prosesor DIGIC 8 untuk menghasilkan kualitas gambar yang maksimal.

Kemudian, prosesor DIGIC 8 tersebut diklaim mampu menghasilkan gambar yang minim noise saat memotret di kondisi gelap atau malam hari. Rentang sensitivitas yang didukung mencakup ISO 100-25.600 yang bisa ditingkatkan lagi hingga 51.200.

Untuk sistem fokusnya, untuk mendukung hadirnya teknologi Dual Pixel CMOS AF dan iTR AF, kamera ini dilengkapi dengan 3.975 titik fokus yang tersebar di seluruh bagian frame dan 45 titik di antaranya merupakan cross-type.

Area fokus pada kamera ini juga mencakup hingga 88 persen horizontal dan 100 persen vertikal sehingga lebih fleksibel.

Untuk pemotretan berkecepatan tinggi, Canon EOS 850D bisa memotret secara terus menerus dengan kecepatan 7 frame per detik. Saat menggunakan mode Live View, kecepatannya naik menjadi 7,5 frame per detik.

  Logitech G923, Andalkan TrueForce yang Lebih Realistis

Yang menarik, kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi Electronic Image Stabilization yang berfungsi sebagai IS digital untuk meningkatkan kestabilan dan mengurangi guncangan saat merekam video. Jika fitur ini juga bisa dipadukan dengan varian lensa IS, maka bisa jadi hasilnya akan semakin maksimal.

Yang terakhir, kamera DSLR Canon ini memiliki layar LCD touch screen dengan ukuran 3 inci. Layar tersebut juga memiliki engsel sehingga bisa dibuka dan diputar di depan.

Canon EOS 850D beredar di Indonesia melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal. Harganya adalah sebagai berikut:

  • Canon EOS 850D body only: Rp15.323.000
  • Canon EOS 850D 18-55mm IS STM: Rp16.984.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *