Canon EOS R5

Canon EOS R5, Mirrorless Full Frame dengan Video 8K

Canon merilis sebuah kamera dengan spesifikasi yang menurut saya cukup menghebohkan. Ya, Canon EOS R5 adalah sebuah kamera mirrorless full frame baru yang menawarkan fitur yang lengkap dengan spesifikasi yang sangat menarik.

EOS R5 adalah upgrade dari EOS R, kamera mirrorless full frame pertama dari Canon. Di kamera ini, sensor full frame yang digunakan memiliki resolusi 45 mega piksel, naik dari 30 mega piksel dari pendahulunya.

  Canon Selphy Square QX10, Printer Foto Ringkas 2 Jutaan

Kamera mirrorless full frame ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur premium yang ditujukan untuk profesional, seperti bodi weather sealed yang membuatnya cocok untuk digunakan di berbagai situasi ekstrim.

Selain itu, Canon EOS R5 ini juga cocok untuk pemotretan olahraga. Kecepatannya bisa mencapai 12 frame per detik dengan menggunakan mechanical shutter, dan bisa mencapai 20 frame per detik dengan menggunakan electronic shutter.

Yang menarik, kamera mirrorless full frame ini juga menjadi kamera Canon pertama yang telah dilengkapi dengan IBIS (In Body Image Stabilization).

Sistem stabilisasi tersebut membuat kamera ini bisa menstabilkan gambar hingga delapan stop yang tentunya akan sangat bermanfaat saat harus memotret dengan kecepatan lambat.

Canon EOS R5 ini dilengkapi dengan prosesor DIGIC X dan menawarkan rentang ISO mulai dari 100 hingga 51.200 dan bisa ditingkatkan sampai 102.400. Kemudian terdapat juga teknologi Dual Pixel CMOS AF II yang menjanjikan akurasi fokus tinggi dan cepat hingga 0,05 detik.

Terdapat 5.940 titik fokus pada kamera mirrorless ini yang dilengkapi dengan sistem iTR AF X AF yang diprogram menggunakan AI untuk memaksimalkan fitur face detection dan eye detection sehingga lebih akurat dan konsisten.

Kemudian yang tidak kalah menarik, Canon EOS R5 ini memiliki kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 8K dengan frame rate 29,97 frame per detik, baik dalam mode RAW maupun codec H.265.

  Review Synology DS220+, NAS Ringkas untuk Rumahan & Kantor

Sementara untuk perekaman video 4K, kamera mirrorless full frame ini bisa merekam hingga 119,88 fps 10-bit H.265. Untuk penyimpanannya, terdapat slot SD dan juga slot CFExpress.

Yang terakhir, Canon EOS R5 memiliki layar berukuran 3,2 inci dengan engsel yang bisa diputar untuk fleksibilitas saat merekam video atau membuat vlog, serta viewfinder elektronik (EVF) 0,5 inci dengan resolusi 5,76 juta titik. Kamera ini akan dijual dengan harga US$3.899.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *