Nikon Z5, Mirrorless Full Frame Entry-level dari Nikon

Nikon Z5 ini adalah kamera mirrorless terbaru dari Nikon untuk melengkapi jajaran kamera mirrorless full frame seri Z. Kamera ini akan diposisikan berada di bawah saudaranya yang telah meluncur duluan seperti Z6 dan Z7.

Kamera ini ditujukan untuk segmen entry-level sehingga sepertinya bersaing dengan solusi serupa dari kompetitornya seperti EOS RP atau A7 II.

  Review Synology DS220+, NAS Ringkas untuk Rumahan & Kantor

Z5 ini dilengkapi dengan sensor full frame CMOS 24,3 mega piksel yang dipadukan dengan prosesor EXPEED 6. Selain itu, kamera ini juga memiliki rentang sensitivitas ISO 100-51.200 yang bisa diperluas hingga 50-102.400.

Untuk bodinya, kamera ini punya bentuk yang cukup ringkas dan ringan. Bukan cuma itu, bodinya ini juga sudah dilindungi dengan lapisan khusus sehingga bisa digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Dan walaupun bodinya ringkas dengan dimensi 134 x 100,5 x 69,5 mm, kamera ini tetap mudah dan nyaman untuk dipegang karena punya handle yang besar untuk memuat jari-jari kamu.


Kemudian, Nikon Z5 ini dilengkapi dengan sebuah layar sentuh berukuran 3,2 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 1.040k titik dan memiliki engsel sehingga bisa dibuka secara tilt. Electronic viewfinder atau EVF juga hadir dengan resolusi 3.960k titik dan diklaim sama dengan yang digunakan pada Z6 dan Z7.

Untuk sistem fokusnya sendiri, kamera mirrorless Nikon ini dilengkapi dengan 273 titik fokus yang tersebar di hampir seluruh bagian frame. Fitur yang tersedia mencakup face detection dan eye detection.


Selain itu ada juga fitur Animal AF yang bisa mengenali mata binatang peliharaan seperti anjing dan kucing. Untuk penstabil gambarnya, kamera ini sudah dilengkapi dengan Vibration Reduction atau VR yang tertanam di dalam bodi dan mendukung hingga lima stop.

Lalu, untuk kemampuan videonya, Nikon Z5 bisa merekam video 4K dengan frame rate 30 fps. Sayangnya saat merekam dalam mode 4K, kamera ini akan menggunakan crop 1,7x sehingga tampilan akan terasa lebih maju dari yang seharusnya.

  Sony A7S III, dengan Kemampuan Video 4K 120 FPS

Untuk memaksimalkan penggunaan sensornya tanpa crop, kamu harus menggunakan mode Full HD yang bisa merekam sampai 60 fps.

Mendukung kemampuan videonya, kamera ini juga dilengkapi dengan port microphone dan headphone. Selain itu, baterainya juga bisa diisi langsung dari port USB sehingga sepertinya bisa diisi menggunakan powerbank.

Harga Nikon Z5 ini di Indonesia memang belum diumumkan. Namun sebagai gambaran, kamera mirrorless ini tersedia dalam pilihan kit lensa Z 24-50 f/4-6.3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *