Nikon Z6 II & Z7 II, Sedikit Meningkat dari Pendahulunya

Nikon menghadirkan pembaruan dari kamera mirrorless full frame-nya, Z6 dan Z7, melalui kamera terbarunya yaitu Nikon Z6 II dan Nikon Z7 II. Keduanya kini dilengkapi dengan spesifikasi yang telah ditingkatkan dari pendahulunya.

Nikon meningkatkan kekuatan dari kedua kamera tersebut untuk memberikan kemampuan memotret yang lebih baik. Baik Z6 II maupun Z7 II kini menggunakan dua buah prosesor Expeed 6.

Hasilnya, Nikon Z7 II bisa memotret dalam mode continuous hingga 10 frame per detik, naik dari 9 frame per detik di Z7. Sementara Nikon Z6 II bisa memotret terus menerus dengan kecepatan hingga 14 frame per detik, naik dari 12 frame per detik di pendahulunya.

  Sony A7C, Mirrorless Full Frame Terkecil dari Sony

Bukan cuma itu, kemampuan videonya pun juga telah ditingkatkan. Z7 II kini telah memiliki kemampuan perekaman video 4K hingga 60 frame per detik. Fitur ini juga telah direncanakan hadir di Z6 II, namun kemungkinan baru akan muncul melalui update firmware di awal tahun 2021 nanti.

Pada sektor autofokus, kedua kamera mirrorless Nikon tersebut juga telah mengalami peningkatan. Kedua kamera tersebut kini diklaim mampu menempatkan titik fokus dengan lebih akurat pada kondisi minim cahaya.

Selain itu, terdapat juga fitur eye/face detection untuk meningkatkan akurasi fokus saat sedang memotret manusia. Fitur tersebut juga disebut tersedia juga saat digunakan untuk merekam video.

Di dalamnya, Nikon Z6 II menggunakan sensor CMOS full frame dengan resolusi 25 mega piksel. Sementara Nikon Z7 II dilengkapi dengan sensor CMOS full frame dengan resolusi 46 mega piksel.

  Nikon Z5, Mirrorless Full Frame Entry-level dari Nikon

Sementara untuk dukungan ISO-nya. Nikon Z6 II memiliki dukungan ISO 100-51.200 dan bisa diperluas menjadi ISO 50-204.800. Sementara rentang milik Nikon Z7 II sedikit berbeda, yaitu ISO 64-25.600 dan bisa diperluas menjadi ISO 32-102.400.

Sebagai tambahan, Nikon juga membuat sebuah battery grip baru yaitu MB-N11 untuk kedua kamera ini. Perangkat tersebut dilengkapi dengan tombol-tombol untuk memotret pada kondisi portrait, serta memiliki ruangan tambahan untuk baterai tambahan.

Nikon Z6 II dan Nikon Z7 II dilengkapi dengan dua buah slot memori yang terdiri dari CFexpress dan SD card. Kedua kamera Nikon tersebut dijual dengan harga US$1.999 untuk Z6 II dan US$2.999 untuk Z7 II.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *