Canon EOS R6

Canon EOS R6, Varian EOS R5 yang Lebih Sederhana

Selain meluncurkan EOS R5, Canon juga meluncurkan satu varian kamera mirrorless full frame lain yaitu EOS R6. Kamera tersebut menawarkan keunggulan yang setara dengan EOS R5, tapi dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Secara tampilan, Canon EOS R6 ini punya desain yang mirip seperti EOS R5. Namun bedanya, bodinya lebih sederhana karena tidak dilengkapi dengan LCD di bagian atas. Sebagai gantinya, area layar tersebut diganti dengan mode dial.

  Canon EOS R5, Mirrorless Full Frame dengan Video 8K

Posisi tombol tersebut mengingatkan kita kepada bodi-bodi kamera DSLR Canon kelas entry-level seperti EOS 750D.

Kemudian, spesifikasi Canon EOS R6 ini juga sedikit berbeda dibanding saudaranya. Pada bagian sensor, kamera mirrorless full frame ini menggunakan sensor dengan resolusi 20 mega piksel yang serupa dengan EOS 1D X Mark III.

Namun, kamera ini tetap mengusung prosesor DIGIC X serta sistem IBIS (In Body Image Stabilization) yang sama dengan EOS R5 yang bisa mengkompensasi hingga delapan stop. Sistem fokusnya pun sudah menggunakan Dual Pixel CMOS II yang mencakup 100% frame.

Prosesor DIGIC X yang digunakan juga membuat kamera mirrorless full frame ini memiliki rentang ISO 100 sampai 102.400 dan masih bisa ditingkatkan hingga 204.800.

Untuk ukuran kecepatannya pun, kamera mirrorless ini tidak kalah dengan saudaranya. EOS R6 juga mampu memotret dengan kecepatan hingga 12 frame per detik dengan menggunakan mechanical shutter, dan bisa mencapai 20 frame per detik dengan menggunakan electronic shutter.

Lalu untuk aspek konektivitasnya, Canon EOS R6 mengandalkan Bluetooth dan WiFi 2.4 GHz. Jadi, kamu bisa langsung memindahkan hasil foto dari kamera ini ke smartphone secara langsung melalui bantuan aplikasi.

  Review Synology DS220+, NAS Ringkas untuk Rumahan & Kantor

Canon EOS R6 memiliki layar berukuran 3 inci dengan engsel yang bisa diputar-putar. Kemudian, viewfinder elektronik yang dimilikinya berukuran 0,5 inci dengan resolusi 1,62 juta titik.

Selain itu, kamera mirrorless ini dilengkapi dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 4K, masih kalah dibandingkan EOS R5 yang mampu merekam hingga 8K. Perekaman video 4K pada kamera ini bisa mencapai frame rate 59,94 fps.

Sementara jika kamu merekam pada resolusi Full HD, frame rate-nya bisa mencapai 119,88 fps.

Canon EOS R6 ini tersedia dalam tiga varian, satu varian body only dan dua varian dengan paket lensa. Harganya mulai dari US$2.499 untuk varian body only.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *