Synology DiskStation Manager DSM 7.0

Synology DiskStation Manager (DSM) 7.0, Semakin Lengkap & Aman

Buat kamu pengguna perangkat network attached storage (NAS) Synology, pastinya tidak asing lagi dengan DiskStation Manager atau DSM. Ya, DSM merupakan antarmuka atau sistem operasi yang digunakan di perangkat NAS Synology.

Belum lama ini, Synology memperkenalkan versi terbarunya yaitu DiskStation Manager 7.0 atau DSM 7.0. Di sistem operasi versi terbaru ini, terdapat beberapa pembaruan serta fitur baru yang akan memudahkan kamu sebagai pengguna dalam memaksimalkan penggunaan NAS.

Beberapa fitur menarik yang disertakan di Synology DSM 7.0 adalah sebagai berikut:

Synology DSM 7.0: Active Insight

Jika NAS digunakan di lingkungan perusahaan yang memiliki banyak NAS dan tersebar di berbagai lokasi, fitur Active Insight yang ada di Synology DSM 7.0 ini akan memudahkan administrator untuk mengelola seluruh NAS tersebut.

Fitur ini akan menampilkan informasi secara real time mengenai kondisi seluruh NAS yang terhubung, mulai dari sisa penyimpanan hingga notifikasi dan analisa anomali yang terjadi. Sehingga, administrator bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada NAS walaupun perangkatnya tersebar di banyak tempat.

Secure Sign-In

Untuk memaksimalkan pengamanan data, terutama dari akses pihak-pihak yang tidak berkepentingan, Synology DSM 7.0 dilengkap dengan fasilitas Secure Sign-In.

Fitur ini akan mengurangi penggunaan password yang mudah dibajak. Sebagai gantinya, Synology menggunakan autentikasi yang memanfaatkan two-factor authentication dengan menggunakan aplikasi di smartphone kamu.

Jadi, untuk mengakses NAS, kamu cukup memasukkan username kamu. Setelah itu, kamu harus memasukkan kode khusus yang diciptakan oleh aplikasi Secure Sign-In yang tersedia di smartphone.

Selain itu, Secure Sign-In juga kompatibel dengan metode otentikasi lain seperti Windows Hello dan juga TouchID.

  Review Synology DS220+, NAS Ringkas untuk Rumahan & Kantor

Storage Manager

Synology DSM 7.0 menawarkan fitur yang membuat pengelolaan NAS jadi semakin mudah. Melalui menu Storage Manager, kamu dapat membuat pool penyimpanan (storage pool) dengan mudah, dan juga sekaligus bisa mengecek masalah yang sedang terjadi di NAS.

Sistem operasi Synology terbaru ini juga mampu mendeteksi hard disk yang kondisinya mulai kritis dan diperkirakan akan rusak. Saat terdeteksi, DSM 7.0 akan mengirimkan notifikasi sehingga kamu bisa melakukan langkah penyelamatan sebelum hard disk tersebut akhirnya rusak.

Ada juga fitur Hot Spare yang akan secara otomatis memindahkan data di hard disk yang bermasalah tersebut ke hard disk cadangan yang tersedia.

  Synology DS1621xs+, NAS Kencang untuk Bisnis, Dukung Hingga 16 HDD

Synology DSM 7.0: Synology Drive

Manajemen file melalui Synology Drive semakin lengkap dengan pengaturan yang lebih spesifik. Kamu bisa membatasi akses pengguna ke file atau folder tertentu, dan juga membatasi kemampuan untuk membagi file.

Setiap file dan folder bisa dilindungi dengan password. Jika dibagikan, file dan folder tersebut juga bisa diatur durasinya sebelum akhirnya terkunci lagi. Selain itu, terdapat juga log yang mencatat berapa kali sebuah file di-download.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *