Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1, Android One dengan Kamera Ganda dan Spesifikasi yang Menggiurkan

Xiaomi merilis smartphone baru yang dinamai Xiaomi Mi A1. Bukan sekadar smartphone Xiaomi biasa, Mi A1 ini menawarkan sesuatu yang berbeda, terutama dari sistem operasinya.

Selama ini mungkin kamu mengenal smartphone Xiaomi menggunakan sistem operasi Android dengan antarmuka MIUI yang khas Xiaomi. Namun tidak dengan Mi A1 ini. Smartphone ini merupakan hasil kerjasama Google dengan MIUI dalam proyek Android One. Oleh karena itu, smartphone ini akan menggunakan antarmuka Android polosan seperti yang digunakan pada Nexus atau Pixel, bukan MIUI seperti biasa. Aplikasi-aplikasi bawaan MIUI pun tidak tersedia secara standar pada smartphone ini.

Xiaomi Mi A1

Melalui Mi A1 ini, Google juga sepertinya ingin menegaskan bahwa proyek Android One masih terus berlangsung. Buat yang belum tahu, Android One merupakan sebuah proyek kerjasama Google dengan sejumlah produsen smartphone di beberapa negara untuk merilis smartphone yang menjalankan sistem operasi standar Android dengan harga yang terjangkau. Di Indonesia, smartphone Android One terakhir kali dirilis pada tahun 2015 lalu, yaitu Infinix Hot 2 X510.

Kembali ke Mi A1, smartphone ini memiliki spesifikasi yang bisa dibilang menggiurkan. Smartphone ini menggunakan basis Xiaomi Mi 5X yang dirilis ekslusif di China. Spesifikasinya adalah chip Qualomm Snapdragon 625, RAM 4 GB, serta memori internal sebesar 64 GB dengan tambahan slot microSD. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel.

Xiaomi Mi A1 ini memiliki dua kamera belakang. Kedua kamera belakang ini memiliki sensor 12 mega piksel. Lensa kamera kedua adalah lensa tele dengan zoom sebesar 2x, mirip seperti konfigurasi kamera pada iPhone 7 Plus. Kamera depannya memiliki sensor 5 mega piksel.

  Review Asus Zenfone Max Pro M1: Pilihan Terbaik untuk Kelas Dua Jutaan

Nantinya, Xiaomi Mi A1 ini akan menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka standar Android, bukan MIUI. Xiaomi juga menjanjikan smartphone ini akan mendapatkan update Android 8.0 Oreo pada akhir tahun 2017 nanti.

Tertarik untuk memiliki Xiaomi Mi A1 ini? Jika ya, kamu harus sedikit bersabar karena smartphone ini baru diluncurkan di India beberapa hari yang lalu. Kabar baiknya, Xiaomi Mi A1 ini kabarnya juga akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Harganya pun terbilang sangat menarik, yaitu sekitar US$230.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *