Review Xiaomi Mi A1: Hadirkan Pengalaman Android One dan Kamera Ganda dengan Harga yang Sangat Menarik

Sejak pertama kali diumumkan beberapa bulan yang lalu, Xiaomi Mi A1 langsung mencuri perhatian, terutama bagi para fans Xiaomi sendiri. Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone Android pertama dari Xiaomi yang hadir dengan Android polos, tanpa MIUI seperti smartphone Xiaomi lainnya.

Bukan cuma menawarkan Android polos yang minimalis, smartphone ini juga menawarkan daya tarik lain dengan harga yang terjangkau.

Desain

Xiaomi Mi A1 hadir dengan desain unibody yang cukup ramping. Bagian depannya memiliki tiga tombol navigasi yang memiliki lampu backlight sehingga bisa membantu kamu saat menggunakannya di dalam kondisi gelap.

Xiaomi Mi A1

Sedangkan bagian belakangnya menggunakan bahan aluminium yang tidak terlalu terasa licin sehingga masih terasa mantap saat digenggam. Posisi fingerprint scanner juga berada di bagian tengah belakang.

Xiaomi Mi A1 menggunakan konektor USB Type-C yang ada di bagian bawah bersebelahan dengan port audio. Di bagian bawahnya juga terdapat sebuah spiker yang menurut saya mampu menghasilkan suara yang cukup kencang.

Xiaomi Mi A1 memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir layarnya cepat tergores.

Layar milik Xiaomi Mi A1 ini memiliki kualitas tampilan yang bisa dibilang bagus. Warna dan tingkat kecerahan yang dihasilkan termasuk bagus, termasuk juga saat digunakan di luar ruangan.

Xiaomi Mi A1

Secara keseluruhan Xiaomi Mi A1 ini memiliki bodi yang bagus. Dengan ukuran yang ramping dan bezel yang cukup tipis, kamu tidak akan kesulitan saat menggunakannya dengan satu tangan.

Kamera

Daya tarik utama pada Xiaomi Mi A1 dan menjadi perbincangan banyak orang ada pada kameranya. Xiaomi Mi A1 dibekali dua kamera di belakangnya. Kedua kamera tersebut mempunyai resolusi 12 mega piksel. Kamera pertama memiliki panjang 26 mm f/2.2. Sedangkan kamera keduanya memiliki panjang 52 mm f/2.6. Kamu bisa berganti lensa yang digunakan dengan menekan tombol pada aplikasi kameranya.

Xiaomi Mi A1
Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh kamera ini adalah kemampuan untuk membuat foto portrait dengan bokeh. Fitur ini memanfaatkan kamera kedua dengan jarak maksimal sekitar dua meter dari obyek yang ingin kamu foto. Hasilnya cukup oke dengan efek bokeh yang cukup rapi. Hanya saja, kamu sebaiknya menggunakan fitur ini hanya pada saat siang hari atau pada saat kondisi cahaya yang terang. Karena kamera keduanya hanya memiliki lensa f/2.6 yang tidak mampu menangkap cahaya yang banyak.

Selebihnya, hasil foto yang dihasilkan oleh kamera milik Xiaomi Mi A1 ini bisa dibilang bagus. Jangan lupa, kameranya ini tidak memiliki optical image stabilization (OIS) sehingga kamu perlu memegang kamera ini dengan stabil saat memotret di kondisi minim cahaya.

Spesifikasi

Xiaomi Mi A1 merupakan smartphone yang ada di posisi kelas menengah. Smartphone ini dibekali dengan chip Qualcomm Snapdragon 625, RAM 4 GB, serta memori penyimpanan internal sebesar 64 GB. Masih tersedia juga slot microSD yang merupakan slot hybrid dengan slot SIM 2.

Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.000 mAh, bukan yang terbesar, tapi masih sangat cukup untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Apalagi Snapdragon 625 juga dikenal sebagai sebuah chip yang irit.

Xiaomi Mi A1
Chip Qualcomm Snapdragon 625
RAM 4 GB
Memori Penyimpanan 64 GB + slot microSD hingga 128 GB (hybrid slot)
Layar IPS 5,5 inci 1080 x 1920
Kamera Belakang 12 mega piksel, lensa 26 mm f/2.2
12 mega piksel, lensa 52 mm f/2.6
Kamera Depan 5 mega piksel
Video 4K (3840 x 2160) 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 4.2, WiFi dual band 802.11b/g/n/AC, GPS
Fitur Lain Fingerprint scanner
Baterai 3.000 mAh
Dimensi 155,4 x 75,8 x 7,3 mm
Berat 165 gram

Kinerja Xiaomi Mi A1 terbilang cukup kencang. Dengan RAM sebesar 4 GB, kamu bisa melakukan multitasking dengan lancar. Apalagi, smartphone Android One ini juga menggunakan Android Nougat versi standar yang bebas dari berbagai aplikasi tambahan sehingga membuat kinerjanya menjadi semakin ringan.

  Hands-on: Menjajal Asus ROG Strix GL503VS Scar Edition, Mewah dengan Spesifikasi Garang

Untuk bermain berbagai game yang ada di Google Play, Xiaomi Mi A1 ini juga dapat menjalankannya dengan lancar. Dan yang menyenangkan, smartphone ini juga tidak terasa panas walaupun saat digunakan bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Baterai

Baterai merupakan aspek penting yang menunjang sebuah smartphone saat kamu gunakan sehari-hari. Xiaomi Mi A1 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang sudah cukup lumayan untuk bodinya yang ramping. Kapasitas tersebut memang bukan yang terbesar di kelasnya, tapi rasanya masih cukup untuk menunjang smartphone ini.

Dengan pola penggunaan sehari-hari, daya tahan baterainya cukup baik. Saat saya gunakan sehari-hari dengan penggunaan seperti aplikasi media sosial, email, mendengarkan musik, menonton video, dan sedikit bermain game, Xiaomi Mi A1 ini bisa bertahan sekitar 11-12 jam dengan screen on time mencapai hampir 9 jam. Termasuk bagus.

Xiaomi Mi A1

Chip Qualcomm Snapdragon 625 sebenarnya mendukung teknologi QuickCharge, namun sepertinya fitur tersebut tidak diaplikasikan di Xiaomi Mi A1 ini. Untungnya, pengisian baterainya termasuk cepat. Dengan menggunakan charger 5V 2A, smartphone ini bisa terisi penuh dari keadaan kosong dengan durasi sekitar 2 jam.

Kesimpulan

Xiaomi Mi A1 menjadi sebuah produk yang ramai diperbincangkan dalam beberapa minggu belakangan ini. Dengan harga Rp3.099.000, smartphone ini menawarkan konfigurasi kamera belakang ganda yang biasanya cuma hadir di smartphone kelas atas. Bukan cuma sekadar menyediakan dua kamera, hasil kameranya pun terbilang bagus dengan tambahan efek portrait yang sangat menarik.
Xiaomi Mi A1

Selain itu, sebagai sebuah smartphone Android One, Xiaomi Mi A1 hadir dengan antarmuka Android standar yang minimalis. Tergantung dari sudut pandang, penggunaan Android standar alias bukan MIUI merupakan sebuah keunggulan karena mampu menghadirkan sebuah sistem yang sangat ringan dan responsif yang membuat kinerjanya menjadi lebih kencang, namun bisa juga menjadi sebuah kekurangan karena tidak dilengkapi dengan berbagai fitur yang biasanya hadir di MIUI. Saya cenderung lebih menyukai interface Android standar karena lebih ringan, sederhana, dan tidak membebani sistem.

Jadi, apakah Xiaomi Mi A1 ini layak untuk dipilih? Dengan harga Rp3.199.000 dan kamera ganda dengan kualitas yang bagus, serta spesifikasi yang baik, Xiaomi Mi A1 merupakan salah satu smartphone yang wajib dipilih di rentang harga 3-4 jutaan. Kinerja yang baik ditambah dengan kamera yang kualitasnya mampu mendekati smartphone flagship membuat Xiaomi Mi A1 mempunyai value yang sangat baik di harga segitu.

Xiaomi Mi A1

Rp3.099.000
8.8

Rating

8.8/10

Plus

  • Bodi kokoh
  • Kamera ganda
  • Efek bokeh terbilang rapi
  • Kinerja baik di kelasnya
  • Baterai lumayan irit
  • Tanpa bloatware

Minus

  • Kamera kedua kurang baik di kondisi gelap
  • Tanpa OIS
  • Bodi belakang mudah kotor

2 Replies to “Review Xiaomi Mi A1: Hadirkan Pengalaman Android One dan Kamera Ganda dengan Harga yang Sangat Menarik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *