Google Segera Hentikan Dukungan Gmail pada Chrome Versi Lawas

Kamu pengguna browser Google Chrome dan layanan Gmail? Cek segera versi Chrome kamu. Baru-baru ini Google mengumumkan akan menghentikan dukungan Gmail pada browser Chrome versi 53 ke bawah.

Mulai besok (8 Februari 2017), jika kamu mengakses Gmail pada Chrome versi 53 atau yang lebih tua, kamu akan melihat sebuah banner di bagian atas yang akan meminta kamu untuk mengupgrade browser kamu. Saat ini Chrome terbaru sudah berada pada versi 56.

Pernyataan penghentian dukungan Gmail pada Chrome versi 53 ke bawah ini bukan berarti kamu tidak bisa lagi mengakses Gmail pada browser tersebut. Kamu masih tetap bisa mengakses Gmail seperti biasa, namun Google tidak akan memberikan dukungan dan perlindungan terhadap ancaman keamanan yang sudah diperbaiki pada Chrome versi terbaru.

Google menyatakan bahwa browser Chrome versi 53 atau yang lebih lawas tersebut masih bisa mengakses Gmail secara normal hingga akhir tahun 2017 ini. Namun pada bulan Desember 2017 mendatang kemungkinan besar pengguna akan diarahkan ke Gmail versi HTML dasar jika belum melakukan upgrade browser.

Masalah ini kemungkinan tidak akan mengganggu sebagian besar pengguna. Apalagi jika fitur auto update diaktifkan. Lain halnya jika kamu masih menggunakan sistem operasi lawas seperti Windows XP dan Windows Vista karena versi Chrome terakhir yang didukung pada sistem operasi tersebut adalah versi 49. Mau tidak mau kamu harus mengupgrade sistem operasi kamu ke minimal Windows 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *