Android 8.0 Oreo

Google Resmikan Android 8.0 Oreo

Bersamaan dengan momen gerhana matahari total di Amerika Serikat hari Senin (21/8) kemarin, Google akhirnya secara resmi mengumumkan sistem operasi yang sebelumnya dikenal dengan nama Android O, yaitu Android 8.0 Oreo.

Ini adalah kedua kalinya Google menggandeng sebuah merk untuk nama sistem operasinya setelah sebelumnya menggandeng KitKat untuk nama sistem operasi Android 4.4 pada 2013 lalu.

Soal tampilan, Android 8.0 Oreo ini sepertinya tidak akan berbeda jauh dengan beberapa pendahulunya seperti Marshmallow maupun Nougat. Google berfokus pada sejumlah hal lain pada Android Oreo ini. Di antaranya adalah waktu booting yang lebih cepat, serta konsumsi baterai yang diklaim lebih irit dengan fitur penghemat baterai yang akan mematikan aplikasi dan background service saat sedang tidak digunakan.

Selain itu, Android 8.0 Oreo ini juga menawarkan fitur baru seperti picture-in-picture sebagai tambahan dari fitur multiwindow yang telah diperkenalkan pada Android Nougat.

Android 8.0 Oreo ini memang belum tersedia untuk digunakan oleh pengguna Android. Rencananya, sistem operasi ini akan tersedia pada akhir tahun 2017 ini dan kemungkinan akan muncul bersama dengan smartphone Pixel terbaru yang juga akan diluncurkan di akhir tahun.

  Samsung Galaxy A02 vs Galaxy A11, Mana yang Lebih Baik?

Sedangkan produsen lain seperti Samsung, HTC, Asus, Sony, LG, Huawei, dan yang lainnya juga kemungkinan besar akan meluncurkan update Android Oreo ini untuk beberapa varian smartphonenya pada akhir tahun.

Sementara ini, Google sedang melakukan pengetesan Android Oreo ini pada sejumlah smartphonenya seperti Nexus 5X, Nexus 6P, dan Pixel. Lalu, Google juga akan menyediakan source code Android Oreo ini melalui AOSP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *