Seagate IronWolf 14TB

Review Seagate IronWolf 14TB, Kapasitas Besar untuk NAS Rumahan dan Profesional

Setelah sempat menjajal Barracuda Pro dengan kapasitas 14 TB, kali ini saya akan membahas varian hard disk (HDD) dari Seagate lainnya yang dikhususkan untuk perangkat NAS, yaitu Seagate IronWolf 14TB.

Perlahan-lahan, perangkat NAS bukan hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar saja, namun mulai masuk ke segmen perusahaan kecil dan menengah, hingga pengguna rumahan untuk memudahkan menyimpan dan membagikan data. Nah, HDD Seagate IronWolf dengan kapasitas 14 TB ini hadir didesain khusus untuk pemasangan pada perangkat NAS tersebut.

Seagate IronWolf 1 4TB

Saat ini, kapasitas 14 TB yang dimiliki oleh HDD ini merupakan kapasitas terbesar yang dimiliki oleh Seagate. Selain kapasitas 14 TB ini, sebenarnya Seagate juga menyediakan varian IronWolf dengan kapasitas lain mulai dari 1 hingga 12 TB. Namun untuk kemampuan penyimpanan yang maksimal, akan lebih baik jika kamu memilih kapasitas terbesar yang ada saat ini.

Spesifikasi Seagate IronWolf 14TB

Hadir dalam kapasitas terbesar saat ini, Seagate IronWolf ini juga memiliki spesifikasi lainnya yang menarik. Seperti HDD berkapasitas besar lainnya, HDD ini juga menggunakan teknologi Helium yang dapat mengurangi gesekan antar platter di dalamnya. HDD ini memiliki konfigurasi delapan buah platter untuk dapat mencapai kapasitas 14 TB.

  Seagate IronWolf 110 SSD, Durabilitas Tinggi Untuk NAS

Spesifikasi lengkap Seagate IronWolf 14 TB bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini.

Seagate IronWolf 14TB
Model Number ST14000VN0008
Kecepatan Putar 7.200 RPM
Koneksi SATA III 6 Gbps
Cache 256 MB
Dimensi 147 x 101,8 x 26,1 mm

Didesain untuk digunakan pada perangkat NAS yang bekerja terus menerus, HDD ini dilengkapi dengan umur pakai yang lama. Seagate mengklaim bahwa perangkat ini memiliki usia MTBF hingga satu juta jam. Selain itu, HDD ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan menarik lainnya seperti IronWolf Health Management untuk memantau kondisi HDD, serta sensor getaran dan rotasi untuk mengurangi getaran berlebih saat digunakan di dalam NAS yang berisi banyak HDD untuk memperpanjang usia pakainya.

Kinerja Seagate IronWolf 14TB

Untuk mengetahui kinerja dari Seagate IronWolf berkapasitas 14 TB ini, saya menggunakannya dalam beberapa skenario. Yang pertama, saya menggunakannya sebagai sebuah media penyimpanan internal di komputer desktop. Yang kedua, saya menggunakan HDD ini pada sebuah NAS dalam konfigurasi RAID 0 dan RAID 1. Keduanya saya lakukan dengan menggunakan dua unit HDD yang identik.

Hasil kinerjanya bisa kamu lihat pada grafik di bawah ini.

Seagate IronWolf 1 4TB

Seperti yang bisa kamu lihat, HDD ini mampu memberikan kinerja yang baik untuk penggunaan dalam berbagai skenario. Selain itu, konsistensi transfer datanya juga tetap terjaga baik saat melakukan transfer data berukuran besar maupun kecil.

  Review Linksys Velop (AC6600), Mesh Networking yang Mudah Diaplikasikan

Selain itu, HDD ini juga cenderung memiliki suhu yang wajar pada saat digunakan. Suhunya berada di sekitar angka 40 derajat celcius yang menurut saya masih cukup wajar dan aman untuk penggunaan sehari-hari. Mungkin kamu perlu lebih memperhatikan suhunya apabila ingin menggunakan HDD ini di dalam NAS.

Kesimpulan

Dengan kinerja yang relatif kencang dan konsisten, Seagate IronWolf berkapasitas 14 TB ini adalah sebuah pilihan yang cukup menarik. Untuk penggunaan sebagai media penyimpanan berukuran besar di dalam komputer, maupun digunakan di dalam NAS, HDD ini sanggup untuk memberikan kinerja yang baik.

  Review Seagate Barracuda Pro 14 TB, Kapasitas Besar Berteknologi Helium

Jika dibandingkan dengan varian Barracuda Pro 14 TB yang juga pernah saya ulas sebelumnya, varian IronWolf ini memiliki ketangguhan yang lebih baik karena memang didesain khusus untuk NAS yang bekerja terus menerus.

Jadi, jika kamu menginginkan sebuah HDD dengan kapasitas besar, kinerja baik, serta memiliki tingkat ketangguhan yang tinggi untuk penggunaan di dalam NAS, makan IronWolf berkapasitas 14 TB ini bisa menjadi sebuah pilihan yang menarik. Kapasitas sebesar ini mungkin terasa sedikit berlebihan untuk pengguna rumahan pada umumnya. Namun jika kamu seorang pekerja profesional yang berkutat dengan banyak file besar, atau memang merupakan kolektor berbagai arsip digital, maka HDD ini sangat layak untuk kamu pilih.

Seagate IronWolf 14TB

Rp10.464.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Kapasitas besar
  • Didesain untuk NAS
  • Kinerja kencang
  • Garansi lima tahun

Minus

  • Harga mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *