Seagate Barracuda Pro 14 TB

Review Seagate Barracuda Pro 14 TB, Kapasitas Besar Berteknologi Helium

Tak ketinggalan zaman, ukuran hard disk (HDD) sekarang ini terus membesar. Pada tahun 2018 ini saja, kapasitas hard disk telah mengembang menjadi 12 TB hingga 14 TB. Kali ini, saya akan membahas sebuah hard disk yang bukan hanya memiliki kapasitas besar, tapi juga memiliki kinerja yang menarik, yaitu Seagate Barracuda Pro 14 TB.

Seagate Barracuda Pro 14 TB

Seagate Barracuda Pro 14 TB ini merupakan hard disk dengan kapasitas terbesar yang dimiliki oleh Seagate saat ini. Untuk segmentasi, Seagate memiliki lini Barracuda dan Barracuda Pro untuk kelas konsumen biasa dengan komputer desktop untuk kebutuhan sehari-hari. Namun varian Barracuda Pro memiliki kecepatan putar yang lebih kencang (7.200 RPM), serta kapasitas yang lebih besar sehingga lebih cocok untuk kamu yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih.

Spesifikasi Seagate Barracuda Pro 14 TB

Memiliki kapasitas besar, Seagate Barracuda Pro 14 TB ini menggunakan teknologi Helium seperti beberapa varian hard disk berkapasitas besar lainnya. Teknologi Helium dapat membantu mengurangi gesekan pada delapan platter PMR yang ada di dalamnya sehingga daya tahan hard disk ini pun lebih baik.

  Colorful SL500 2 TB, SSD Berkapasitas Besar untuk Semua Pengguna

Spesifikasi lengkap Seagate Barracuda Pro 14 TB bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Seagate Barracuda Pro 14 TB
Model Number ST14000DM0001
Kecepatan Putar 7.200 RPM
Koneksi SATA III 6.0 Gbps
Cache 256 MB
Dimensi 147 x 101,8 x 26,1 mm

Memiliki cache sebesar 256 MB, hard disk ini seharusnya mampu memberikan kinerja baca tulis yang sangat baik. Seagate sendiri mengklaim bahwa hard disk ini mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 250 MB/s yang tentunya sudah sangat baik untuk ukuran sebuah hard disk mekanikal.

Kinerja Seagate Barracuda Pro 14 TB

Untuk mengetahui kinerja dari Seagate Barracuda Pro 14 TB ini, saya menggunakan hard disk ini sebagai sebuah media penyimpanan biasa dengan sebuah komputer desktop berprosesor Intel Core i7 7820X dengan RAM 32 GB.

Hasilnya bisa kamu lihat pada grafik berikut ini.

Seagate Barracuda Pro 14 TB

Ya, Seagate Barracuda Pro 14 TB mampu memberikan kinerja yang sesuai dengan klaimnya dengan kecepatan baca tulis rata-rata di kisaran 240-250 MB/s. Dengan begitu kamu bisa memindahkan data dengan cepat dari dan ke hard disk ini. Jika kamu ingin menggunakan hard disk ini sebagai tempat sistem operasi pun rasanya masih cukup oke karena kecepatannya yang relatif lebih kencang dibanding kompetitornya.

  Review Western Digital (WD) Red 10 TB, Buat NAS Bisa, Buat Desktop Bisa

Selain itu, hard disk ini juga memiliki suhu kerja yang wajar. Saat digunakan, suhunya berada di kisaran angka 39 hingga 44 derajat celcius. Memang bukan suhu yang dingin, tapi masih terbilang wajar, apalagi mengingkat kinerjanya yang memang kencang.

Kesimpulan

Seagate Barracuda Pro 14 TB mampu memberikan kinerja yang memuaskan untuk ukuran sebuah hard disk. Dengan kecepatan transfer data yang tinggi dan konsisten, kamu bisa mengombinasikan hard disk ini dengan SSD sebagai tempat penyimpanan sistem operasi untuk mendapatkan kinerja sistem yang kencang secara keseluruhan.

Namun jika kamu ingin menggunakan hard disk ini untuk tempat penyimpanan sistem operasi sekaligus data pun masih sah-sah saja. Kecepatan dan responsivitasnya cukup lumayan untuk membuat sistem terasa gegas walaupun berjalan dari dalam hard disk.

  Spesifikasi Xiaomi Mi Home Projector Lite, Proyektor Ringkas dengan HDR

Dijual dengan harga sekitar sepuluh jutaan, Seagate Barracuda Pro 14 TB memang terasa mahal secara keseluruhan. Namun jika dihitung dengan kapasitas total sebesar 14 TB yang bisa kamu dapatkan, hard disk ini memiliki value yang menarik.

Seagate Barracuda Pro 14 TB

Rp10.684.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Kapasitas besar
  • Kinerja kencang
  • Garansi lima tahun

Minus

  • Harga mahal

One Reply to “Review Seagate Barracuda Pro 14 TB, Kapasitas Besar Berteknologi Helium”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *