Review D-Link DIR-842

Di pasaran, wireless router tersedia dalam berbagai varian. Kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari yang entry-level dengan harga terjangkau, atau wireless router kelas atas yang menawarkan kinerja kencang serta fitur yang lengkap.

Di kelas menengah, persaingan wireless router juga bisa dibilang cukup ketat. Dengan harga satu hingga dua jutaan, banyak produsen yang merilis produk dengan tawaran kinerja yang lumayan serta beberapa fitur yang mungkin berguna buat kamu.

D-Link DIR-842 ini adalah salah satu wireless router yang ada di kelas menengah. Selain spesifikasi AC1200, wireless router ini juga menawarkan sejumlah fitur yang dikemas secara sederhana, namun tetap berguna.

Desain

D-Link DIR-842 ini memiliki desain yang menurut saya minimalis. Desainnya yang sederhana dengan deretan lampu indikator di bagian atas dikombinasikan dengan dimensi yang terbilang kompak membuat wireless router ini tampil biasa saja. Yang jelas, tampilannya simpel dan tidak akan terlalu menarik perhatian.

Wireless router ini memiliki empat buah antena yang sayangnya tidak bisa dilepas. Untungnya empat antena yang berukuran cukup besar ini juga memiliki kinerja yang cukup baik dalam menjangkau ruangan yang berukuran kecil hingga sedang. Selain itu, di bagian belakangnya juga terdapat empat buah port gigabit LAN dan satu buah gigabit WAN. Untuk menghidupkan dan mematikan perangkat ini juga tersedia tombol switch power.

Satu hal yang kurang adalah absennya port USB pada D-Link DIR-842 ini.

Spesifikasi, Fitur & Kinerja

D-Link DIR-842 ini mendukung koneksi dual band dengan spesifikasi AC1200. Koneksinya terbagi menjadi dua, yaitu 2,4 GHz dengan kecepatan maksimal 300 Mbps, dan 5 GHz yang memiliki kecepatan maksimal 867 Mbps. Untuk menikmati koneksi 5 GHz tentunya perangkat yang kamu gunakan juga harus mendukung koneksi tersebut.

Melakukan konfigurasi pada D-Link DIR-842 ini bisa dilakukan pada panel kontrolnya. Tampilan antarmukanya sendiri menurut saya cukup sederhana.

  Review Western Digital (WD) Red 10 TB, Buat NAS Bisa, Buat Desktop Bisa

Tak terlalu banyak opsi yang disediakan, namun terdapat beberapa fitur penting pada wireless router ini. Salah satunya adalah parental control untuk memblokir situs-situs yang terlarang. Sayangnya terdapat batas maksimal lima belas situs yang bisa didaftarkan, baik untuk blacklist maupun whitelist.

Kinerja D-Link DIR-842 ini rasanya cukup baik, terutama saat digunakan pada 5 GHz. Transfer datanya terbilang cukup cepat dan stabil. Sedangkan kinerjanya pada 2,4 GHz tak terlalu mengesankan dengan fluktuasi di beberapa kesempatan.

Dari hasil uji di atas, D-Link DIR-842 ini rasanya cukup mumpuni untuk melakukan transfer data maupun streaming lokal dengan nyaman jika kamu menggunakan perangkat 5 GHz dengan dukungan 802.11ac. Soal kecepatan internet tentunya sangat bergantung pada ISP yang digunakan.

***

D-Link DIR-842 ini dijual dengan harga sekitar 1,3 jutaan. Harga tersebut rasanya cukup terjangkau apabila kamu ingin upgrade wireless router kamu dari yang biasa saja menjadi lebih baik. Kinerjanya sendiri memang tak terlalu mengesankan jika kamu masih menggunakan perangkat wireless konvensional yang masih beroperasi di 2,4 GHz. Tapi kalau kamu sudah menggunakan perangkat 5 GHz, peningkatan kinerja yang kamu dapatkan akan lumayan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *