Western Digital Gold 16 TB & 18 TB, Didesain untuk Data Center

Western Digital atau WD memperkenalkan dua varian hard disk baru untuk segmen enterprise dan data center yaitu WD Gold berkapasitas 16 TB dan 18 TB CMR.

Buat yang belum tahu, seri Gold adalah varian hard disk Western Digital yang dikhususkan untuk segmen enterprise. Umumnya hard disk seri tersebut digunakan di server atau di data center yang membutuhkan kinerja tinggi dan konsisten saat menerima beban kerja yang besar terus menerus.

Pada dua varian hard disk WD Gold terbaru ini, Western Digital membenamkan teknologi yang sebelumnya telah dikembangkan di seri Ultrastar.

Untuk mencapai kapasitas yang sangat besar tersebut, WD terus meningkatkan jumlah platter serta membuat ukuran platternya menjadi lebih tipis. Ditambah lagi dengan teknologi helium yang memang sudah digunakan sejak hard disk mencapai kapasitas 8 TB sejak beberapa tahun yang lalu.

Nah, di WD Gold 16 TB dan 18 TB ini, konstruksi hard disk-nya terdiri dari sembilan buah platter untuk mencapai kapasitas tersebut.

Sama seperti varian Gold yang lainnya, kedua hard disk ini juga memiliki kecepatan putar 7.200 RPM. Kemudian, keduanya juga dilengkapi dengan cache sebesar 512 MB. Kecepatan transfer datanya diklaim bisa mencapai lebih dari 250 MB per detik.

Kemudian, seri WD Gold ini juga memiliki masa pakai yang panjang. Keduanya memiliki umur pakai hingga 2,5 juta jam atau menangani load hingga 550 TB per tahun. Berbagai fitur pendukung juga telah disematkan seperti HelioSeal.

  Spesifikasi & Harga Vivo Y20s: Snapdragon 460 dan Tiga Kamera

Selain untuk kebutuhan data center, WD Gold berkapasitas 16 TB dan 18 TB ini bisa saja cocok digunakan untuk kebutuhan rumahan atau bisnis skala kecil hingga menengah. Apalagi jika kamu juga menggunakan perangkat NAS untuk memudahkan akses data dari jaringan. Harganya memang lebih tinggi daripada varian Red yang didesain untuk NAS, tapi tentu memiliki ketangguhan yang juga lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *