Spesifikasi & Harga Canon EOS R5 & EOS R6 di Indonesia

PT Datascrip selaku distributor resmi untuk perangkat kamera Canon akhirnya resmi menghadirkan dua kamera mirrorless full frame terbaru Canon yaitu EOS R5 dan R6 ke Indonesia. Kedua kamera tersebut menjanjikan kinerja tinggi baik untuk fotografi dan juga videografi.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, Canon EOS R5 merupakan kamera mirrorless full frame terbaru Canon yang mengusung sensor 45 mega piksel. Sementara Canon EOS R6 dibekali dengan sensor full frame 20 mega piksel.

Keduanya sudah diperkuat dengan prosesor terbaru DIGIC X yang sebelumnya telah digunakan pada kamera DSLR Canon EOS 1DX Mark III.

  Canon EOS R5, Mirrorless Full Frame dengan Video 8K

Sensor tersebut diklaim mampu menghasilkan gambar yang lebih minim noise. EOS R5 sendiri memiliki rentang ISO sampai ISO 51.200 yang bisa ditingkatkan lagi menjadi ISO 102.400. Sementara EOS R6 mendukung rentang ISO sampai ISO 102.400 yang bisa ditingkatkan hingga 204.800.

Kemudian, prosesor DIGIC X tersebut juga dipadukan dengan sistem fokus Dual Pixel CMOS AF II. Sistem fokus tersebut merupakan peningkatan dari sebelumnya dan diklaim kecepatannya telah meningkat signifikan.

Didukung dengan teknologi Face Detection dan Eye Detection AF, kedua kamera ini dilengkapi dengan mode AF Priority untuk memiliki prioritas fokus yang bisa mengenali manusia atau hewan.

Selain itu, untuk pertama kalinya dalam jajaran kamera EOS, area jangkauan auto fokus diperluas sehingga mencakup seluruh bagian sensor, 100 persen horizontal dan vertikal. Jadi, kamu bisa melakukan fokus hingga bagian pinggir sekalipun. EOS R5 memiliki 5.940 titik fokus sementara EOS R6 memiliki 6.072 titik.

Tidak lupa juga, kedua kamera mirrorless full frame ini juga sudah dilengkapi dengan In Body Image Stabilizer (In-Body IS). Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penstabil gambar kapanpun, terlepas dari lensa yang digunakan.


Bahkan, saat dikombinasikan dengan lensa yang juga memiliki IS, kinerja penstabil gambarnya bisa mengompensasi hingga 8 stop. Cocok untuk memotret di kondisi gelap yang membutuhkan kecepatan rendah.

Untuk videonya, EOS R5 dibekali dengan kemampuan perekaman video 8K pada 30 frame per detik. Saat merekam dalam resolusi 4K, frame rate nya bisa mencapai 120 fps.

  Canon EOS R6, Varian EOS R5 yang Lebih Sederhana

Sementara EOS R6 dibekali dengan kemampuan perekaman video 4K 60 fps yang bisa mencapai 120 fps saat merekam dalan resolusi Full HD.

Di Indonesia, Canon EOS R5 dan EOS R6 dijual melalui PT Datascrip sebagai distributor resmi. Harganya sebesar Rp69.883.000 untuk R5, dan Rp47.883.000 untuk R6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *