Canon RF 50mm f/1.8 STM, Lensa Prime Harga Terjangkau

Lensa dengan rentang 50 mm bisa dibilang merupakan salah satu rentang favorit para fotografer. Nah, Canon melengkapi jajaran lensanya di lini lensa RF untuk mirrorless full frame dengan menghadirkan lensa Canon RF 50mm f/1.8 STM.

Mungkin kamu pernah mengetauhi lensa Canon EF 50mm f/1.8 yang terkenal karena harganya yang terjangkau, bodinya yang ringkas, serta diafragma yang besar untuk harganya. Nah Canon RF 50mm f/1.8 STM ini juga hadir dengan desain yang ringkas dan ringan.

  Canon RF 70-200mm f/4 L IS USM, Lensa Tele Ringan dan Ringkas

Bahkan, lensa Canon yang satu ini merupakan lensa RF yang paling ringkas dan paling ringan saat ini dengan bobot hanya 160 gram saja. Dikombinasikan dengan kamera mirrorless full frame Canon seperti EOS R atau EOS RP, kamu akan mendapatkan sebuah sistem kamera yang lebih ringkas jika dibandingkan kamera DSLR full frame dengan lensa Canon EF 50mm f/1.8.

Dengan bukaan besar f/1.8, lensa ini bisa menghasilkan efek bokeh yang menarik. Diameter mounting RF yang besar dan jarak fokus belakang yang pendek membuat lensa RF 50mm f/1.8 STM menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Sejumlah elemen lensa aspherical digabungkan ke dalam konstruksi lensa tradisional untuk koreksi aberasi lensa yang lebih baik.

Kemudian, lensa RF 50mm f/1.8 STM memiliki jarak fokus minimum 30 cm, lebih dekat 5 cm daripada versi EF. Lensa ini juga memiliki rasio perbesaran 1:4 alias 0,25x sehingga kamu bia memfungsikannya juga sebagai sebuah lensa makro untuk memotret barang-barang berukuran kecil seperti makanan, produk, dan lain-lainnya. Namun perlu diingat bahwa lensa ini tidak secara resmi diposisikan sebagai sebuah lensa makro.

  Rekomendasi Lensa Mirrorless Full Frame Canon Terbaik untuk Pemula

Lensa ini sangat cocok untuk digunakan untuk fotografi portrait, pemandangan, dan fotografi makanan. Selain itu, lensa ini juga cocok untuk videografer karena memberikan sudut pandang yang natural.

Selain dapat memberikan efek bokeh yang menarik, diafragma lebar f/1.8 yang dimiliki oleh lensa ini juga dapat membantu saat harus memotret pada kondisi minim cahaya. Apalagi jika dikombinasikan dengan kamera EOS R5 atau EOS R6 yang telah dilengkapi dengan In-Body IS sehingga membuatnya akan lebih stabil saat harus memotret dengan kecepatan rendah.

Harga Canon RF 50mm f/1.8 STM

Lensa Canon RF 50mm f/1.8 STM ini tersedia di Indonesia melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal untuk produk kamera Canon. Lensa ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp3.506.000. Dengan harga segitu, rasanya lensa Canon RF yang satu ini bisa jadi pilihan pertama yang juga cocok untuk pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *