FiiO FD5, Hadirkan Desain Semi Terbuka yang Nyaman Digunakan

Produsen perangkat audio FiiO memperkenalkan sebuah in-ear monitor baru yaitu FiiO FD5. Earphone FiiO terbaru yang satu ini dikembangkan dengan menggunakan dynamic driver berukuran 12 mm yang menggunakan magnet N52 untuk menghasilkan bass yang sangat kuat serta resolusi yang sangat baik di frekuensi tinggi.

Dalam mengembangkan FD5 ini, FiiO telah melakukan banyak penelitian dan riset untuk bahan yang akan digunakan pada dynamic driver-nya. Hasilnya, didapat penggunaan kombinasi bahan berilium yang dikombinasikan dengan bahan karbon menyerupai berlian (diamond like carbon – DLC) pada perangkat yang satu ini.

FiiO memaksimalkan sifat dari kedua bahan tersebut untuk mengurangi getaran yang tidak perlu sehingga kualitas suara pun meningkat. Secara keseluruhan, respon di berbagai frekuensi dapat diseimbangkan dan minim distorsi.

  Canon EOS M50 Mark II, Lebih Lengkap dengan Eye AF

Untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul akibat adanya jeda waktu sampainya berbagai gelombang suara yang berbeda, FiiO mendesain prisma akustik yang khusus dibuat untuk FD5.

Dengan menggunakan perangkat berbentuk kerucut di bagian ujung depan driver, gerakan gelombang suara dapat dikontrol dengan tepat sehingga seluruh gelombang tersebut dapat berdifusi dengan baik.

FiiO FD5 menggunakan konstruksi single driver, sehingga posisi suara dapat dilakukan dengan lebih akurat. Desain semi terbuka juga membuat tekanan udara di telinga menjadi lebih ringan sehingga lebih nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan saat digunakan, bodi FiiO FD5 ini juga memiliki lekukan-lekukan yang pas untuk telinga. Desain silindris dengan lekukan juga diklaim akan meningkatkan kualitas suara karena dapat mengurangi resonansi suara yang tidak perlu.

FiiO menyertakan dua ukuran tabung suara yang bisa dipilih menyesuaikan ukuran telinga kamu. Tabung suara yang lebih besar menghasilkan suara yang lebih seimbang, sementara tabung suara yang lebih kecil akan menghasilkan suara yang lebih bertenaga pada bass-nya.

  FiiO FH1s, Membawa Warisan FH1 dengan Beberapa Peningkatan

FiiO FD5 menggunakan kabel MMCX berbahan tembaga yang dilapis perak monokristalin. Tersedia juga tiga pilihan konektor mulai dari 2,5 mm 3,5 mm, dan 4,4 mm sehingga kamu bisa menggunakan berbagai perangkat pemutar musik sesuai selera.

Earphone FiiO FD5 ini dijual dengan harga S$489 atau sekitar 5 jutaan jika dirupiahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *