Framework Laptop, Konsep Laptop Modular untuk Kurangi Limbah

Sebuah perusahaan bernama Framework memperkenalkan sebuah konsep laptop yang sangat menarik. Laptop yang bernama Framework Laptop ini menjanjikan fleksibilitas tinggi dan diklaim sangat ramah lingkungan.

Laptop bisa dibilang merupakan salah satu perangkat yang menawarkan portabilitas yang tinggi karena mudah untuk dibawa ke mana saja. Namun dibalik portabilitasnya itu, sebenarnya laptop juga memiliki kekurangan, terutama dari sisi fleksibilitas.

Sisi fleksibilitas yang dimaksud adalah kemampuan untuk di-upgrade. Banyak laptop yang tidak memiliki kemampuan untuk di-upgrade. Jadinya, ketika kamu membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi, atau membutuhkan koneksi port yang spesifik, bisa jadi satu-satunya cara adalah mengganti laptop tersebut. Dan itu berpotensi mencemari lingkungan karena laptop lama kamu akan menjadi limbah.

  Review EZVIZ C8C, IP Camera Outdoor dengan Pan & Tilt

Nah, Framework Laptop ini mencoba untuk menjawab permasalahan tersebut. Laptop ini memiliki konsep modular yang membuatnya bisa dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya..

Meskipun begitu, tentu saja perangkat ini memiliki spesifikasi dasar. Saat ini Framework Laptop memiliki basis prosesor Intel Core generasi 11, layar 13,5 inci dengan resolusi 2256 x 1504 piksel, dan bobot 1,2 kg.

Konsep modular ini juga diperluas hingga ke bagian konektivitasnya. Laptop ini memiliki empat buah bay yang bisa dipasangkan berbagai konektor sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari USB Type-C, USB Type-A, HDMI, DisplayPort, card reader, dan masih banyak lagi.

Seluruh konektor tersebut hadir dalam bentuk sebuah kartu ekspansi yang bisa dilepas pasang sehingga memudahkan saat kamu membutuhkan port yang berbeda. Seluruh konektor tersebut menggunakan basis konektor USB Type-C sehingga sangat fleksibel.

Selain itu, bagian dalamnya pun dapat di-upgrade dengan mudah. Kamu bisa mengganti RAM dan media simpan dengan gampang. Namun Framework tidak merinci apakah prosesor juga menjadi bagian yang bisa dilepas pasang.

  Lenovo IdeaCentre Mini 5i, Mini PC Desktop Ringkas, Harga Mulai 6 Jutaan

Dengan konsep seperti ini, Framework Laptop seperti bisa membuat kamu bisa mewujudkan sebuah laptop yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, mulai dari spesifikasi sampai hal-hal detil seperti pilihan konektivitas yang tersedia. Selain itu, dengan memiliki kemampuan upgrade, maka umur laptop bisa menjadi lebih lama dan dan kamu tidak perlu terlalu sering mengganti perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *