Review EZVIZ C8C, IP Camera Outdoor dengan Pan & Tilt

EZVIZ C8C merupakan salah satu produk IP camera terbaru dari EZVIZ. Perangkat ini sekaligus menjadi kamera IP atau CCTV pertama EZVIZ yang didesain untuk penggunaan luar ruang sekaligus memiliki kemampuan pan & tilt.

Selain kemampuan pan & tilt, kamera IP ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang membuatnya bisa diandalkan sebagai perangkat pendukung keamanan di rumah maupun di kantor.

Desain

EZVIZ mendesain C8C ini sebagai sebuah IP camera yang tangguh.Secara garis besar, bodinya terbuat dari plastik yang terasa cukup tebal sehingga memberikan rasa yang kokoh dan meyakinkan.

Apalagi perangkat ini juga telah mengantongi sertifikasi IP65 yang membuatnya tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, termasuk panas, hujan, dan juga salju.

Secara dimensi, EZVIZ C8C ini termasuk ringkas untuk ukuran sebuah CCTV luar ruangan. Dengan desain dome, dudukan untuk pemasangan di dinding juga telah terintegrasi dan berbahan plastik juga. Sehingga, untuk memasangnya, kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah, cukup posisikan perangkat ini di tempat yang diinginkan, lalu ikat dengan menggunakan baut yang juga telah disertakan dalam paket penjualan.

EZVIZ C8C memiliki koneksi wireless. Oleh karena itu, terdapat dua buah antena eksternal di sisi kiri dan kanan lensa kamera.

Namun jika kamu lebih menyukai koneksi kabel, maka C8C ini juga tetap menyediakannya melalui sebuah kabel LAN yang dipasang bersama dengan kabel power.

Pergerakan kamera ini menggunakan mekanisme pan & tilt elektronik. Artinya, kamu bisa menggerakan lensa kamera ini secara horizontal dan vertikal secara elektronik melalui aplikasi yang tersedia.

Spesifikasi EZVIZ C8C

Kamera IP EZVIZ C8C ini menggunakan sensor CMOS berukuran 1/2,7 inci yang menghasilkan resolusi video maksimal hingga Full HD alias 1920 x 1080 piksel yang sudah sangat memadai untuk sebuah rekaman video CCTV.

Hasil rekaman video tersebut dapat direkam dalam codec standar H.264, maupun codec baru H.265 yang lebih efisien dalam ukuran file-nya. Untuk format videonya, perangkat ini menggunakan format MP4.

  Review EZVIZ C3W: Color Night Vision Jadi Andalan

C8C dilengkapi dengan lensa dengan diafragma f/1.6 yang mampu memberikan sudut pandang 87 derajat horizontal dan 105 derajat diagonal. Cukup lebar untuk memantau area yang cukup luas.

Kemudian, untuk mengatasi perekaman saat kondisi gelap, kamera IP ini memiliki dua cara. Cara yang pertama adalah menggunakan LED inframerah yang akan membuat hasil video menjadi hitam putih. Cara kedua adalah yang disebut sebagai Color Night Vision. Fitur ini akan mengaktifkan dua buah lampu sorot LED ke arah pandang lensa untuk memberikan pencahayaan agar hasil tangkapan video lebih jelas dan bisa menjaga akurasi warnanya.

Spesifikasi lengkap EZVIZ C8C bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

EZVIZ C3W
Sensor 1/2,7 inci CMOS, 2 mega piksel
Resolusi Video Maksimal 1920 x 1080
Lensa 4 mm f/1.6, field of view 83 derajat (horizontal)
Konektivitas Wireless 802.11b/g/n 150 Mbps, LAN 10/100 Mbps
Audio 1 x microphone
Penyimpanan microSD hingga 256 GB
Aplikasi Mobile EZVIZ di Android dan iOS
Fitur Lain Color Night Vision, Alarm, Motion Detection, Active Defense
Dimensi 158 x 157 x 149 mm
Berat 510 gram

Untuk menyimpan hasil rekaman video, terdapat sebuah slot microSD dengan kapasitas maksimal yang didukung hingga 256 GB. Selain itu tersedia juga opsi penyimpanan cloud berbayar.

Sebagai tambahan, kamera IP ini juga memiliki sebuah mikropon untuk menangkap suara di sekitar kamera.

Instalasi

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, EZVIZ telah menyertakan berbagai aksesoris pendukung untuk memudahkan kamu memasangkan perangkat ini ke dinding. Apalagi bodi kamera IP ini juga telah terintegrasi dengan dudukannya walaupun hal tersebut membuat bentuk keseluruhannya menjadi besar dan dudukannya tidak fleksibel.

Untuk pemasangan awal, kamu bisa menggunakan koneksi kabel maupun wireless. Jika kamu memilih koneksi wireless, maka kamu perlu melakukan instalasi aplikasi mobile EZVIZ yang tersedia untuk Android dan iOS.

Setelah melakukan instalasi aplikasi, maka kamu bisa mulai melakukan konfigurasi awal melalui wizard yang sudah disiapkan.

  6 Daya Tarik IP Camera EZVIZ C1HC, Hadirkan Keamanan dan Kenyamanan di Rumah

Jika kamu ingin mengakses perangkat ini secara remote dari mana saja, maka kamu perlu membuat akun EZVIZ. Jika tidak, kamu hanya dapat mengaksesnya saat berada di jaringan yang sama saja.

Secara keseluruhan, proses instalasi, konfigurasi awal, hingga siap digunakan terbilang sangat mudah dan cepat.

Fitur EZVIZ C8C

Fitur pan & tilt jelas menjadi fitur unggulan dari C8C ini. Melalui aplikasinya, kamu bisa menggerakkan kamera secara horizontal dan vertikal sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, fitur Color Night Vision juga tersedia pada perangkat ini. Saat diaktifkan, kamera akan menyalakan dua buah lampu sorot terintegrasi saat mendeteksi kondisi minim cahaya. Tujuannya adalah untuk menerangi area yang sedang dipantau agar hasil video tetap berwarna, tidak hitam putih seperti menggunakan LED inframerah biasa.

Selain itu, lampu sorotnya juga bisa berfungsi pada mode Active Defense. Saat diaktifkan, lampu sorot tersebut akan menyala berkedip-kedip selama satu menit untuk memberikan peringatan. Fitur ini juga bisa aktif secara otomatis saat diintegrasikan dengan fitur motion detection.

Melalui aplikasi EZVIZ, kamu juga bisa melakukan beberapa pengaturan seperti mengatur area pantauan, menggerakkan kamera, serta mengakses penyimpanan baik lokal maupun cloud. Jika kamu kebetulan sudah memiliki perangkat IP camera EZVIZ lain yang kompatibel, kamu juga bisa mengontrolnya bersama-sama dan menampilkan hingga empat kamera sekaligus.

  EZVIZ C8C, IP Camera Outdoor dengan Kemampuan Pan & Tilt

EZVIZ C8C ini mampu menangkap gambar dengan baik dalam berbagai kondisi, termasuk saat kondisi minim cahaya. Dengan fitur smart night vision, kamera ini bisa berpindah dari mode night vision biasa ke Color Night Vision atau sebaliknya sesuai dengan situasi yang terdeteksi.

Kondisi cahaya normal
Kondisi minim cahaya

Kesimpulan

Sebagai kamera IP outdoor pertama yang dilengkapi dengan kemampuan pan & tilt, EZVIZ C8C ini merupakan sebuah paket kamera IP yang cukup lengkap. Selain pan & tilt, perangkat ini juga didukung dengan berbagai keunggulan lain.

Walaupun bodnya plastik, tapi konstruksinya terasa kokoh dan berkualitas. Apalagi didukung pula dengan rating IP65 yang membuatnya cukup tangguh.

Selain itu, hasil foto dan videonya juga sangat bisa diandalkan. Dengan resolusi Full HD yang sudah sangat memadai, kamu akan mendapatkan hasil tangkapan video yang berkualitas.

Jadi, dengan segudang keunggulan tersebut, rasanya EZVIZ C8C ini bisa menjadi salah satu pilihan utama kamu saat sedang mencari CCTV luar ruangan. Apalagi harganya juga relatif terjangkau.

EZVIZ C8C

Rp1.249.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Fitur pan & tilt
  • Fitur Color Night Vision
  • Bodi tangguh dengan rating IP65
  • Video Full HD
  • Konfigurasi Mudah
  • Punya mikropon
  • Harga terjangkau

Minus

  • Tanpa speaker untuk komunikasi dua arah
  • Bodi plastik
  • Informasi resolusi di aplikasi membingungkan
  • Dudukan terintegrasi membuat ukuran fisiknya menjadi besar

One Reply to “Review EZVIZ C8C, IP Camera Outdoor dengan Pan & Tilt”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *