Rekomendasi Lensa Mirrorless Full Frame Canon Terbaik untuk Pemula

Di segmen kamera mirrorless full frame, Canon mengandalkan seri EOS R untuk bersaing dengan beberapa produsen lain yang juga memiliki kamera mirrorless full frame. Saat ini, sudah terdapat beberapa varian kamera EOS R, mulai dari EOS R, EOS RP, EOS R5, dan EOS R6.

Untuk lensanya, Canon menggunakan mount RF, berbeda dari mount EF yang sudah melegenda di varian kamera DSLR.

Jika kamu sedang mempertimbangkan untuk membeli kamera mirrorless full frame Canon, atau bahkan baru saja membeli salah satu dari kamera tersebut, maka langkah berikutnya adalah kamu membutuhkan lensa untuk memenuhi kebutuhan fotografi kamu.

  Canon RF 70-200mm f/4 L IS USM, Lensa Tele Ringan dan Ringkas

Saat ini Canon telah memiliki beberapa lensa yang mencakup berbagai kebutuhan. Jika kamu adalah seorang pemula dan ingin mengembangkan diri di dunia fotografi dengan kamera mirrorless full frame Canon, berikut ini adalah tiga lensa yang bisa menjadi pilihan kamu untuk memulai.

Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM (Rp8 jutaan)

Lensa Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM ini bisa menjadi sebuah pilihan kalau kamu membutuhkan sebuah lensa yang ringkas. Selain itu, rentang 35 mm juga termasuk rentang yang cocok untuk berbagai kebutuhan, mulai dari street photography, portrait, travel, dan masih banyak lagi.

Kemudian, Canon RF 35mm f/1.8 IS Macro STM ini juga hadir dalam bentuk yang sangat ringkas dan ringan karena bobotnya hanya 305 gram saja. Lensa ini juga bisa diandalkan saat kondisi minim cahaya berkat diafragma f/1.8 yang sekaligus bisa memberikan efek bokeh yang menarik.

Sebagai tambahan, lensa ini juga dilabeli Macro. Artinya, kamu bisa memanfaatkannya sebagai lensa macro dengan rasio 1:2 dan jarak fokus minimum 17cm.

Canon RF 85mm f/2 Macro IS STM (Rp9 jutaan)

Jika kamu ingin mengeksplorasi kemampuan kamu di bidang portrait, maka lensa yang satu ini bisa menjadi pilihan kamu. Ya, rentang 85 mm milik lensa Canon RF 85mm f/2 Macro IS STM ini merupakan rentang favorit untuk fotografi portrait.

Apalagi didukung dengan dengan diafragma f/2 yang bisa memberikan efek bokeh yang halus, serta bisa membantu kamu saat harus memotret di kondisi minim cahaya. Hadirnya fitur Image Stabilizer (IS) juga membantu menstabilkan lensa saat harus memotret pada kecepatan rendah.

Selain itu, lensa ini juga dilengkapi dengan kemampuan macro dengan rasio perbesaran 1:2 dan jarak fokus minimum 35cm.

  Canon EOS C70, Kamera Sinema dengan Mount RF

Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS USM (Rp13 jutaan)

Ingin satu lensa yang multifungsi sehingga kamu tidak perlu repot membawa banyak lensa saat berpergian? Lensa sapu jagat yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Sesuai namanya, Canon RF 24-240mm f/4-6.3 IS USM ini punya rentang zoom dari 24 mm hingga 240 mm alias zoom sebesar 10x. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kondisi dan tidak perlu mengganti-ganti lensa.

Namun, lensa Canon yang satu ini juga memiliki kekurangan, yaitu bobotnya yang cukup berat, sebesar 750 gram. Selain itu, bukaan diafragmanya juga tidak terlalu lebar sehingga akan sedikit menyulitkan saat memotret di kondisi minim cahaya.

One Reply to “Rekomendasi Lensa Mirrorless Full Frame Canon Terbaik untuk Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *