Review Linksys E7350, Wireless Router WiFi 6 Satu Jutaan

Linksys E7350 adalah salah satu wireless router di pasaran saat ini yang telah menawarkan teknologi WiFi 6, sebuah teknologi yang mampu menjawab kebutuhan jaringan padat yang terhubung ke banyak perangkat sekaligus.

Kebijakan atau kebiasaan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) membuat kebutuhan jaringan di rumah juga ikut meningkat. Perangkat-perangkat yang biasanya digunakan di kantor, kini harus digunakan dan terhubung ke jaringan di rumah.

Dengan semakin bertambahnya jumlah perangkat yang terhubung, maka kondisi jaringan akan semakin padat. Jika kamu masih mengandalkan perangkat wireless router biasa, maka bisa jadi kamu akan mengalami kesulitan saat seluruh perangkat tersebut mengakses jaringan secara bersamaan.

  Mengenal Teknologi WiFi 6, Bikin WiFi Lebih Kencang dan Lega

Oleh karena itu, teknologi WiFi 6 yang dibawa oleh Linksys E7350 ini bisa mengatasi persoalan kepadatan jaringan tersebut. Penjelasan lebih lanjut mengenai teknologi WiFi 6 atau wireless AX bisa kamu lihat di artikel ini.

Desain

Simpel dan ringkas, itu adalah impresi saya saat pertama kali melihat bentuk Linksys E7350 ini. Wireless router ini punya bentuk yang sederhana karena menggunakan desain antena internal. Sehingga tidak ada antena eksternal yang terlihat di luar.

Linksys E7350

Di satu sisi, desain antena internal memang membuat tampilan wireless router menjadi lebih ringkas. Namun, di sisi lain, desain seperti ini berarti kamu tidak dapat mengganti antenanya dengan yang lebih besar. Untungnya antena internal wireless router ini memiliki kemampuan yang sangat baik dengan jangkauan yang luas pula, mencapai 140 meter persegi.

Yang menarik, wireless router Linksys E7350 ini juga menggunakan desain vertikal sehingga membuatnya semakin hemat tempat.

Linksys E7350

Di bagian depan, terdapat lampu-lampu indikator yang tersusun vertikal. Lampu-lampu tersebut mengindikasikan aktivitas jaringan, serta status port LAN yang ada.

Sementara di bagian belakangnya, terdapat empat buah port LAN dan satu buah port WAN. Semuanya sudah mendukung kecepatan gigabit. Selain itu ada sebuah port USB 3.0 serta tombol reset dan WPS.

Spesifikasi Linksys E7350

Linksys E7350 telah mendukung teknologi wireless terkini yaitu 802.11ax atau yang lebih mudah disebut WiFi 6. Teknologi ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari 802.11ac atau WiFi 5 dengan kemampuan pengolahan jaringan yang lebih baik sehingga mampu menampung lebih banyak perangkat.

Linksys sendiri mengklaim bahwa wireless router ini mampu untuk digunakan hingga 20 perangkat tanpa adanya gangguan berarti. Itu artinya, dengan asumsi setiap anggota keluarga memiliki dua hingga tiga perangkat, dan terdapat empat sampai lima anggota keluarga di rumah, wireless router ini mampu menanganinya dengan mudah.

  Linksys E7350, Wireless Router Ringkas dengan WiFi 6

Untuk konektivitas wireless-nya, Linksys E7350 ini adalah sebuah wireless router dual band 2,4 GHz dan 5 GHz yang memiliki kecepatan maksimal kombinasi hingga 1800 Mbps.

Untuk konektivitas kabel, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, perangkat ini memiliki empat buah port RJ45 untuk LAN dan satu buah port RJ45 untuk WAN yang semuanya sudah mendukung gigabit sehingga proses transfer data bisa dilakukan dengan cepat.

Kinerja

Semenjak era teknologi WiFi 5, kecepatan transfer data secara wireless meningkat signifikan, terutama jika kamu memanfaatkan band 5 GHz. Nah, di Linksys E7350 yang mendukung teknologi WiFi 6 ini, kinerjanya semakin ditingkatkan lagi.

Bukan cuma kecepatannya yang meningkat, namun kemampuan wireless router untuk menangani banyak perangkat sekaligus juga meningkat jauh. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat banyak perangkat lain yang mengakses jaringan secara bersamaan, kamu tidak akan merasakan perlambatan yang signifikan.

Bermodalkan klaim kecepatan maksimal total 1800 Mbps dengan pembagian 600 Mbps untuk pita 2,4 GHz, dan 1200 Mbps untuk pita 5 GHz, saya mendapatkan kinerja yang terbilang memuaskan.

Bukan cuma kencang, wireless router Linksys yang satu ini juga konsisten untuk urusan sinyalnya. Sesuai dengan klaimnya, perangkat ini sanggup untuk menjangkau area yang cukup luas.

Fitur

Linksys E7350 dilengkapi dengan beberapa fitur dasar yang berguna untuk pengaturan jaringan Anda. Salah satunya adalah Guest Access yang berguna untuk memberikan akses internet ke jaringan Anda tanpa perlu melihat perangkat lain di jaringan.

Selain itu, perangkat ini sudah mendukung teknologi enkripsi WPA2 dan WPA3 yang didukung seiring teknologi WiFi 6.

  Realme Narzo 30A vs Narzo 20, Apa Bedanya?

Sayangnya, wireless router ini masih memisahkan SSID antara 2,4 GHz dan 5 GHz. Walaupun bukan sebuah kelemahan yang signifikan, namun akan lebih baik jika tersedia opsi untuk menggabungkan SSID menjadi satu saja, dan membiarkan wireless router dan perangkat yang terhubung untuk menentukan jaringan yang terbaik.

Kesimpulan

Menawarkan teknologi WiFi 6, Linksys E7350 adalah sebuah wireless router yang sangat menarik. Kinerjanya terbilang sangat mumpuni, konsisten, serta memiliki jangkauan yang luas. Desainnya juga menarik karena minimalis dan hemat tempat.

Linksys E7350

Selain itu, perangkat ini juga menawarkan kemudahan penggunaan yang sangat baik. Secara fitur, mungkin opsi yang tersedia masih tergolong biasa saja. Tapi fitur-fitur tersebut fungsional dan bisa membantu kamu dalam mengatur jaringan wireless di rumah.

Yang tidak kalah menarik, dengan kinerja dan fitur yang ditawarkan, harga Linksys E7350 ini juga terbilang sangat menarik. Dengan harga Rp1.600.000 yang menurut saya terbilang masuk akal, kamu akan mendapatkan sebuah wireless router yang mumpuni untuk digunakan bekerja dan beraktivitas di rumah.

Linksys E7350

Rp1.600.000
8

Rating

8.0/10

Plus

  • Desain ringkas
  • Penggunaan mudah
  • Kinerja bagus
  • Mendukung WiFi 6
  • Harga relatif terjangkau

Minus

  • Tanpa fitur menggabungkan SSID
  • Tanpa antena eksternal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *