Review Xiaomi Redmi 8: Salah Satu Pilihan Smartphone 1 Jutaan Paling Menarik

Mengakhiri tahun 2019 lalu, Xiaomi meluncurkan dua smartphone barunya yang sama sama mengincar segmen entry-level, salah satunya adalah Redmi 8.

Diposisikan dengan harga di bawah dua jutaan, Redmi 8 ternyata memiliki beberapa tawaran menarik yang menurut saya sayang untuk dilewatkan.

DESAIN

Jika dibandingkan dengan desain seri-seri Redmi sebelumnya, Xiaomi Redmi 8 ini terasa lebih elegan dan dewasa. Kesan tersebut didapatkan melalui bodi bagian belakang yang mengilap sehingga terlihat seperti berbahan kaca walaupun sebenarnya plastik.

Redmi 8

Karena permukaan di belakangnya ini mengilap, maka bagian ini sangat cepat sekali kotor terkena bekas sidik jari. Untungnya terdapat sebuah casing pelindung standar yang telah disertakan dalam paket penjualannya.

  Xiaomi Mi Note 10 Pro, Pesona Lima Kamera 108 MP

Redmi 8

Di bagian belakang ini juga terdapat dua buah kamera serta Fingerprint scanner. Detil lebih lengkap mengenai kameranya akan saya bahas di bagian berikutnya.

Beralih ke bodi bagian depan, smartphone Xiaomi ini memiliki layar dengan ukuran Diagonal 6,22 inci. Layar tersebut memiliki resolusi HD+ alias 720 x 1520 piksel. Layar ini juga menggunakan desain water drop dengan notch atau poni kecil yang menjadi tempat bersarangnya kamera depan.

SPESIFIKASI REDMI 8

Sebagai sebuah smartphone entry-level, maka smartphone Xiaomi yang satu ini juga dibekali dengan spesifikasi yang cukup sederhana juga.

Smartphone Xiaomi ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang dipadukan dengan dua pilihan konfigurasi, yaitu RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB, dan RAM 4 GB dengan penyimpanan 64 GB. Dan unit yang saya gunakan adalah varian yang kedua.

  Spesifikasi Xiaomi Redmi 8 dan Redmi 8A, Sangat Menarik di Kelas 1 Jutaan

Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 8 ini bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Xiaomi Redmi 8
Chip Qualcomm Snapdragon 439
RAM 3 GB/4G GB
Memori Penyimpanan 32 GB/64 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar IPS 6,22 inci 720 x 1520
Kamera Belakang 12 mega piksel f/1.8
2 mega piksel (depth sensor)
Kamera Depan 8 mega piksel f/2.0
Video Hingga Full HD (1920 x 1080) 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 4.2, WiFi 802.11b/g/n, GPS
Baterai 5.000 mAh
Dimensi 156,5 x 75,4 x 9,4 mm
Berat 188 gram

Seperti yang bisa kamu lihat, smartphone ini memang memiliki spesifikasi yang khas seperti sebuah smartphone entry-level pada umumnya. Yang menarik, smartphone Xiaomi ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, sesuatu yang jarang ditawarkan oleh produsen smartphone untuk kelas entry-level. Apalagi baterai ini juga mendukung teknologi fast charging dengan daya hingga 15watt.

KAMERA

Xiaomi Redmi 8 dibekali dengan konfigurasi kamera ganda di belakangnya. Kamera utama memiliki resolusi 12 mega piksel yang didukung oleh kamera kedua dengan resolusi 2 mega piksel yang berfungsi sebagai depth sensor.

Sementara di bagian depan terdapat sebuah kamera yang memiliki resolusi 8 mega piksel.

Redmi 8

Redmi 8

Soal fiturnya, kameranya dilengkapi dengan fitur AI yang bisa menyesuaikan pengaturan foto sesuai dengan suasana dan obyek yang akan difoto. Hasilnya juga tergolong cukup baik untuk sebuah smartphone entry-level.

  Xiaomi Redmi Note 8 & Redmi Note 8 Pro, Tawarkan Mega Piksel Besar dan NFC

Beberapa hasil foto dari kamera Xiaomi Redmi 8 bisa kamu lihat di bawah ini.

KINERJA REDMI 8

Bermodalkan chipset entry-level Qualcomm Snapdragon 439, Redmi 8 ini memiliki kinerja yang cukup oke, tidak bisa dibilang kencang namun sudah memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Lalu bagaimana kinerjanya untuk bermain game? Untuk game-game ringan seperti Mobile Legends, smartphone Xiaomi ini juga sangat mumpuni untuk menjalankannya.

  TP-Link Archer TX3000E, Hadirkan WiFi 6 untuk PC Kamu

Dan yang terpenting, bermodalkan baterai 5.000mAh membuat smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang sangat lama. Smartphone ini dapat dengan mudah melalui satu hari penuh aktivitas kamu tanpa perlu diisi ulang ditengah-tengah hari.

KESIMPULAN

Harga Xiaomi Redmi 8 ini sangat kompetitif. Harganya dipatok pada angka kisaran Rp1.749.000 dan Rp1.849.000 untuk masing-masing varian.

Redmi 8

Dengan harga segitu, Redmi 8 adalah sebuah smartphone entry-level yang cukup mumpuni dengan tampilan yang keren dan memiliki daya tahan baterai yang sangat baik untuk menunjang aktivitas kamu.

Jadi, apakah smartphone Xiaomi Redmi 8 ini layak untuk dipilih? Kalau menurut saya, ya, smartphone ini bisa dijadikan salah satu pilihan smartphone murah dengan fitur yang oke.

Xiaomi Redmi 8

Rp1.849.000
7

Rating

7.0/10

Plus

  • Harga terjangkau
  • Baterai besar & awet
  • Tampilan bodi glossy yang keren
  • Hasil kamera bagus
  • Ada fitur fast charging

Minus

  • Bodi belakang gampang kotor
  • Layar terasa agak redup
  • Kinerja biasa saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *