Review Amazfit GTS 2 Mini: Lebih Tipis dan Ringan Tapi Fiturnya Lengkap

Setelah meluncurkan Amazfit GTS 2, Huami Technology juga meluncurkan seri Amazfit GTS 2 Mini. Sesuai namanya smartwatch ini merupakan versi lebih minimalis dengan dimensi yang lebih tipis dan lebih ringan dibanding seri GTS 2.

Sementara dalam hal fitur meski tidak sebanyak seri GTS 2 namun tetap tidak kalah lengkap. Diantaranya ketiadaan speaker dan mikrofon yang berguna untuk menjawab telepon langsung dari smartwatch. Begitu pula dengan pengurangan beberapa fitur pada versi Mini ini.

UNBOX AMAZFIT GTS 2 MINI

Kotak penjualan Amazfit GTS 2 Mini berukuran pipih dengan domniasi warna putih. Selain smartwatch, aksesori lain didalamnya hanya terdapat yaitu charger khusus, kartu garansi, serta manual. Tidak disediakan adaptor untuk charger ataupun strap cadangan.

DESAIN AMAZFIT GTS 2 MINI

Amazfit GTS 2 Mini mengadopsi konsep desain baru yangi memiliki bentuk kotak (square) dengan dimensi panjang 40,5 mm, lebar 35,8 mm, dan ketebalan 8,95 mm. Berkat empat sudut lengkung penutup kaca 2.5D, smartwatch ini seakan menampilkan kesan borderless pada layarnya.

Bodi smartwatchnya menggunakan bahan dari aluminum alloy yang ringan tapi kuat. Dan pada kerangka bawahnya menggunakan bahan dari plastik.

Sisi kanan hanya terdapat satu tombol fisik yang berfungsi untuk membuka layar, masuk ke menu, serta ke pilihan mode olahraga. Bagian bawah smartwatch memiliki sensor yang bersebelahan dengan pengisi daya.

Sementara strapnya memiliki lebar 20 mm. Dengan dimensi tersebut, kami merasa smartwatch ini lebih cocok digunakan oleh kaum hawa. Namun karena unit yang kami uji memiliki warna hitam, kaum pria dengan pergelangan tangan kecil hingga sedang, juga masih cocok menggunakannnya.

Untuk strap-nya menggunakan bahan silikon dengan ukuran lebar 20 mm. Strap ini bisa dilepas sehingga lebih mudah dibersihkan dan bisa pula diganti dengan yang baru. Unit yang kami terima memiliki warna unit dan strap hitam (midnight black).

Dan untuk pilihan warna lainnya, unit serta strap-nya memiliki pilihan warna hijau (sage green) dan merah muda (flamingo pink). Strap ini bisa dilepas sehingga lebih mudah dibersihkan atau diganti.

LAYAR AMAZFIT GTS 2 MINI

Smartwatch ini menggunakan layar sentuh dengan panel AMOLED. Panel ini memang memiliki tampilan yang lebih tajam dan kualitas lebih baik. Selain punya resolusi 354 x 306 piksel, juga berkat tingkat kecerahan yang mencapai 450 nit serta punya saturasi warna tinggi yaitu 100% NTSC.

Dengan panel AMOLED, layarnya mendukung tampilan Always On Display (AOD). Tampilan ini tersedia dalam pilihan jam analog dan digital. Selain menampilkan waktu, saat AOD pada pilihan digital juga ditampilkan informasi singkat mengenai langkah yang sudah ditempuh.

Untuk tampilan watch face, smartwatch ini punya pilihan lebih dari 50 pilihan. Secara default, pilihan watch di smartwatch hanya ada tiga pilihan, sedangkan jika ingin mendapatkan pilihan lebih banyak, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Zepp dari smartphone.

FITUR DAN PERFORMA AMAZFIT GTS 2 MINI

Seperti kami sebut sebelumnya, smartwatch ini punya fitur lengkap. Misalnya saja, dukungan mode olahraga-nya mencapai 70 lebih. Amazfit membagi mode tersebut ke dalam beberapa kategori guna lebih memudahkan pencarian sehingga tidak perlu terlalu banyak melakukan scroll.

Pada pilihan halaman pertama mode olahraga, terdapat 15 pilihan mode olahraga. Dan sisanya kedalam kategori khusus yang terdiri dari Run-walking, Cycling, Indoor, Outdoor, Swimming, Winter sports, Ball, Dance, Boxing, serta Others yang terdiri dari Archery, Equestrian, dan Rope skipping.

Guna mendukung aktivitas olahraga air, smartwatch ini sudah memiliki sertifikasi 5 ATM yang artinya bisa digunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter.

Untuk fitur pemantau kesehatan lainnya, Amazfit GTS 2 mini menyediakan pemantauan detak jantung, pengukuran saturasi oksigen darah, pemantauan tidur, pemantauan tingkat stres, serta fungsi lain untuk mencapai manajemen kesehatan.

Yang menarik, smartwatch ini juga memiliki pemantauan siklus haid pada kaum hawa. Setelah mencatat periode menstruasi, Amazfit GTS 2 mini akan memprediksi waktu dan lamanya periode menstruasi dan masa subur berikutnya, memberikan ketenangan pikiran bagi wanita.

Untuk melakukan pencatatan maupun pengaturan yang berhubungan dengan smartphone, kamu mesti memasang aplikasi Zepp yang bisa didapat dari Google Play Store untuk pengguna Android.

  Google Pixel 3a, Cara Lebih Murah untuk Menikmati Pixel

Sementara untuk fitur menarik lainnya termasuk sebagai pengendali musik di smartphone pada layanan aplikasi musik seperti Spotify. Fitur lain yang berhubungan dengan smartphone adalah kamu bisa memanfaatkannya untuk menekan tombol shutter kamera.

Antara smartwatch dan smartphone, keduanya bisa digunakan untuk mencari kedua perangkat tersebut. Misalnya, ketika hendak mencari smartphone, kamu bisa melakukannya melalui smartwatch, begitu pula sebaliknya.

Kamu juga bisa melihat notifikasi dari SMS atau WhatsApp yang baru masuk. Namun pesan yang bisa dilihat hanya berbasis teks saja. Sementara untuk voice chat atau video chat dari WhatsApp yang masuk tidak bisa dijawab dari smartwatch. Jika terlewat, nantinya smartwatch hanya akan menampilkan pesan missed voice call saja.

Sementara untuk panggilan telepon masuk, kamu akan mendapatkan notifikasi dengan tampilan ikon reject atau silent saja. Ya, smartwatch ini memang tidak memiliki speaker ataupun mikrofon sehingga tidak bisa menjawab panggilan dari sini.

BATERAI AMAZFIT GTS 2 MINI

Smartwatch ini menggunakan daya dari baterai dengan kapasitas 220 mAh berjenis Lithium-ion Polymer. Ukuran baterai ini terbilang tidak besar. Bisa dimaklumi mengingat dimensi smartwatch yang tipis. Berdasarkan klaim, baterainya mampu bertahan hingga 14 hari untuk pemakaian normal. Jika ingin memperpanjang daya tahan, tersedia mode hemat daya. Amazfit mengklaim mampu bertahan hingga 21 hari.

Saat kami gunakan, smartwatch terhubung dengan bluetooth ke smartphone dan mengaktifkan beberapa fitur, layar dengan tingkat brightness 50%, dan fitur AOD aktif. Sementara penggunaan tergolong standar dan tidak terlalu intens. Hasilnya dalam waktu seminggu, baterai masih tersisi sekitar 30%.

Untuk pengisian daya, digunakan charger bawaan khusus untuk Amzfit GTS 2 Mini. Proses pengisian terbilang cukup cepat. Kami mengisi daya dari kondisi 10% hingga 100% hanya memakan waktu sekitar 1 jam lebih.

KESIMPULAN

Sebagai produk pintar keluaran Huami Technology, Amazfit GTS 2 Mini jadi smartwatch yang menyenangkan untuk menemani segala aktivitas olahraga. Tidak hanya itu, fitur pendukung lainnya juga lengkap untuk memantau kesehatan maupun aktivitas keseharian lainnya, seperti tidur. Bahkan fitur khusus seperti pemantau datang bulan atau menstruasi menjadi nilai lebih bagi para kaum wanita. Selain fitur dan fungsinya yang lengkap, smartwatch seharga Rp1.699.000 ini juga punya desain stylish sehingga tetap keliatan gaya saat dipakai bepergian.

SPESIFIKASI AMAZFIT GTS 2 MINI

Spesifikasi lengkapnya bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Layar AMOLED 1,55 inci 354 x 306 piksel
Sensor Acceleration sensor, Gyroscope sensor, Geomagnetic sensor, Ambient light sensor, Vibration Motor
Koneksi Bluetooth 5.0 BLE
Kapasitas baterai 220 mAh
Monitor kesehatan Huami self-developed, BioTrackerTM 2 PPG (support blood-oxygen), biological data sensor
Mode olahraga 70 lebih mode olahraga
Grade anti-air 5 ATM
Dimensi/bobot 40,5 x 35,8 x 8,95 mm/19,5 gram
Bahan strap Silikon
Ukuran strap (lebar) 20 mm
Pilihan warna Midnight Black, Flamingo Pink, Sage Green
Harga Rp1.699.000

Amazfit GTS 2 Mini

Rp1.699.000
7.5

Rating

7.5/10

Plus

  • Desain stylish
  • Fitur olah raga dan kesehatan yang lengkap termasuk pemantau menstruasi
  • Daya baterai lama

Minus

  • Strap silikon yang kurang nyaman saat berkeringat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *