Menanti Kehadiran Asus Zenfone 5 di 2018

Di tahun 2018 ini, Asus akan kembali meluncurkan lini smartphonenya yang telah memasuki generasi kelima. Jika sesuai perkiraan, lini smartphone tersebut akan hadir dengan nama Asus Zenfone 5 walaupun mungkin akan sedikit membingungkan karena pada tahun 2014 lalu, Asus juga pernah merilis smartphone dengan nama yang serupa. Tapi waktu itu nama Zenfone 5 dipakai untuk menunjukkan ukuran layarnya yang sebesar 5 inci.

Nah, di tahun 2018 ini, Asus telah menyiapkan beberapa varian smartphone yang akan mengisi lini Zenfone 5 edisi 2018. Jika melihat dari lini Zenfone 4 yang dirilis sepanjang tahun 2017 lalu, setidaknya ada tiga varian utama, yaitu Zenfone, Zenfone Max, dan Zenfone Selfie. Belum jelas apakah untuk tahun ini, Asus akan menggunakan pola yang sama atau tidak.

  Desain Modern Jadikan Asus ROG Strix GL503 Lebih Terlihat Elegan

Soal spesifikasi pun, Asus belum mengungkapkan mengenai detilnya. Namun jika boleh diprediksi, smartphone-smartphone yang akan menjadi varian Zenfone 5 kemungkinan akan hadir dengan layar lebar dengan aspect ratio 9:18 seperti tren smartphone yang sedang terjadi sekarang ini. Begitu pula dengan tren kamera ganda yang sepertinya akan dipertahankan dari seri Zenfone 4.

Hingga saat ini, setidaknya telah ada dua bocoran smartphone yang diprediksi akan menjadi varian dari Zenfone 5. Bocoran pertama menyebutkan model Asus X00PD.

Desain Asus X00PD masih mirip seperti generasi Zenfone 4 dengan bodi yang membulat di pinggirannya. Smartphone tersebut akan memiliki layar 5,7 inci dengan aspect ratio 9:18 yang kemungkinan akan memiliki resolusi 1440 x 2880 piksel. Kemudian akan ada kamera ganda di belakang serta fingerprint scanner.

Bocoran kedua datang dari Evan Blass yang memang selama ini sangat sering memberikan prediksi atau bocoran mengenai smartphone yang akan hadir di pasaran. Evan Blass memberikan gambar yang disebut-sebut sebagai Asus Zenfone 5 Lite yang berarti kemungkinan minimal akan ada dua atau tiga varian untuk model utama Zenfone 5 (Zenfone 5, Zenfone 5 Lite, dan mungkin Zenfone 5 Pro?).

  Review Asus Zenfone 4 Max ZC520KL: Baterai Besar dalam Bodi yang Lebih Kompak

Asus Zenfone 5 Lite ini diprediksi akan memiliki empat buah kamera, dua kamera 16 mega piksel di belakang dan dua kamera 20 mega piksel di depan. Selain itu smartphone tersebut juga akan menggunakan desain bodi dengan layar 9:18 dan fingerprint scanner di bagian belakang.

Asus Zenfone 5 2018
Foto: Evan Blass

Untuk spesifikasinya, sepertinya kita harus menunggu bocoran selanjutnya atau bahkan pengumuman resmi dari Asus yang kabarnya akan memperkenalkan Zenfone 5 pada acara MWC 2018 di akhir bulan Februari 2018 ini.

Kalau harapan saya, mudah-mudahan seri Zenfone 5 akan dapat memberikan value yang lebih baik dibandingkan Zenfone 4. Serta, perbaikan di beberapa aspek seperti kualitas dan kinerja kamera yang lebih baik karena menurut saya, kamera yang ada pada seri-seri Zenfone 4 yang masuk ke Indonesia cukup mengecewakan karena tidak lebih baik dibandingkan kamera Zenfone 3 yang masih dapat bersaing di jaman sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *