Review Asus Zenfone 4 Max ZC520KL: Baterai Besar dalam Bodi yang Lebih Kompak

Pada generasi keempat Zenfone, Asus sepertinya menghadirkan setiap varian dalam dua tipe yang berbeda. Contohnya adalah Zenfone 4 Selfie dan Selfie Pro yang meluncur pada bulan Oktober 2017 silam.

Kali ini, saya berkesempatan untuk mengulas Asus Zenfone 4 Max. Smartphone ini adalah varian pelengkap dari Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang telah meluncur lebih dulu di bulan September 2017. Smartphone ini memiliki bodi yang lebih ringkas serta spesifikasi yang telah disesuaikan.

Desain

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL ini mempunyai desain yang sama persis dengan Zenfone 4 Max Pro ZC554KL. Bodinya juga terbuat dari bahan aluminium yang membuatnya menjadi terasa kokoh. Dalam paket penjualannya, Asus juga memberikan soft case sebagai perlindungan awal untuk smartphone ini.

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Rasanya saat ini smartphone yang beredar di pasaran sebagian besar mempunyai layar sebar 5,5 inci bahkan hingga lebih dari 6 inci yang membuatnya sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan. Nah, jika kamu mengidamkan smartphone dengan bodi yang lebih kompak, maka kamu bisa melirik Zenfone 4 Max ZC520KL ini.

Smartphone ini memiliki layar dengan ukuran 5,2 inci sehingga lebih kompak dan lebih mudah digunakan dengan satu tangan karena bezel yang mengelilinginya juga tidak terlalu besar. Layarnya juga masih memiliki resolusi 720 x 1280 piksel yang mampu menampilkan gambar dengan cukup baik dengan warna yang lumayan.

Layar ini memiliki sudut pandang yang cukup lebar, walaupun saat dilihat pada sudut yang cukup ekstrim, terdapat sedikit pergeseran warna. Selain itu layar ini juga belum dilapis dengan lapisan anti gores seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya sehingga penambahan lapisan anti gores atau tempered glass menjadi hal yang perlu kamu lakukan untuk melindungi layarnya.

Bagian mukanya masih diisi dengan tombol navigasi back di kiri, task switch di kanan, serta tombol kapasitif di bagian tengah yang berfungsi sebagai tombol home dan fingerprint scanner. Tombol-tombol navigasinya pun tetap belum dilengkapi dengan lampu sehingga tidak terlihat di kondisi gelap.

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Kamera

Kamera belakang ganda juga tetap hadir pada Zenfone 4 Max ZC520KL ini. Bahkan, konfigurasinya juga sama persis dengan Zenfone 4 Max Pro ZC554KL, yaitu kamera pertama dengan resolusi 16 mega piksel dengan lensa 26 mm, dan kamera kedua dengan resolusi 5 mega piksel dan lensa wide 12 mm dengan sudut pandang 120 derajat.

Sedangkan untuk kamera depannya, Asus Zenfone 4 Max ZC520KL memiliki resolusi 16 mega piksel. Kemudian tersedia pula LED flash di depan untuk membantu pencahayaan saat kamu melakukan selfie di kondisi minim cahaya.

Tampilan menu kameranya pun sama dengan Zenfone 4 Max Pro ZC554KL. Kamu bisa mengakses berbagai mode pengambilan gambar seperti Beauty, Panorama, dan Pro (manual mode) dengan melakukan swipe ke kanan. Sedangkan untuk mengakses berbagai filter warna instan, kamu bisa melakukan swipe ke kiri.

Hasil dari kamera Asus Zenfone 4 Max ZC520KL bisa kamu lihat pada beberapa foto di bawah ini.

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Dengan konfigurasi kamera dan sensor yang sama dengan saudaranya, hasil kamera Asus Zenfone 4 Max ZC520KL ini bisa dibilang identik. Kamera pertamanya mampu menghasilkan foto yang cukup baik terutama di kondisi cahaya yang bagus. Kamera keduanya terasa agak mengecewakan karena foto yang dihasilkan kurang baik dan kurang detil. Kinerja kamera keduanya semakin melorot saat digunakan di kondisi minim cahaya. Jadi, kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak, saya tidak merekomendasikan penggunaan kamera kedua pada kondisi gelap.

Selain itu, kameranya juga tidak dilengkapi dengan optical image stabilization (OIS). Jadi, kamu perlu memegang smartphone ini dengan benar-benar stabil untuk menghindari efek shake yang diakibatkan goyangan dari tangan.

Spesifikasi & Kinerja

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL diposisikan berada di bawah Zenfone 4 Max Pro ZC554KL. Dengan begitu, smartphone memiliki spesifikasi yang sedikit lebih rendah dengan menggunakan chip Qualcomm Snapdragon 425 dengan RAM 3 GB. Sementara itu, kapasitas memori internalnya sebesar 32 GB dengan tambahan slot kartu memori microSD yang mendukung hingga 256 GB.

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL
Chip Qualcomm Snapdragon 425
RAM 3 GB
Memori Penyimpanan 32 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar IPS 5,2 inci 720 x 1280
Kamera Belakang 16 mega piksel, lensa 26 mm
5 mega piksel, lensa 12 mm (wide angle 120 derajat)
Kamera Depan 16 mega piksel
Video Full HD (1920 x 1080) 30 fps; Electronic Image Stabilization (EIS)
Konektivitas Micro USB 2.0, Bluetooth 4.1, WiFi 802.11b/g/n, GPS
Fitur Lain Fingerprint scanner
Baterai 4.100 mAh, mendukung reverse charging
Dimensi 150,5 x 73,3 x 8,73 mm
Berat 156 gram

Berbeda dengan Qualcomm Snapdragon 430 pada Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang merupakan prosesor octa-core, Snapdragon 425 yang digunakan pada Zenfone 4 Max ZC520KL ini merupakan sebuah prosesor quad-core. Dengan begitu, maka smartphone ini memiliki kinerja yang lebih rendah dibandingkan saudaranya.

Meskipun begitu, kinerja smartphone ini juga masih cukup gegas untuk kebutuhan sehari-hari. Kalau kebutuhan aplikasi kamu adalah aplikasi standar seperti email, messaging, dan media sosial, maka smartphone ini dapat menjalankannya dengan sangat baik.

  Review Linksys EA8500

Namun, kinerja smartphone ini sepertinya kurang memadai jika kamu suka bermain game. Kalau kamu bermain game seperti Mobile Legends, Arena of Valor, atau game sejenisnya, maka smartphone ini masih dapat menjalankannya dengan baik. Smartphone ini akan mengalami kesulitan jika kamu memainkan game-game dengan grafis berat seperti Asphalt dan yang lainnya.

Baterai

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL memiliki baterai yang berkapasitas 4.100 mAh. Baterainya tersebut lebih kecil dibandingkan Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang sebesar 5.000 mAh, serta setara dengan Zenfone 3 Max ZC520KL.

Kapasitas baterai yang besar membuat smartphone ini dapat bertahan hingga sekitar hampir 9 jam saat saya coba menggunakan PCMark. Daya tahan segitu tak bisa dibilang irit untuk kapasitas baterai sebesar itu. Menurut saya, penggunaan prosesor quad core membuat smartphone ini harus lebih sering bekerja pada kecepatan penuh sehingga mengurangi efisiensinya yang berefek pada konsumsi dayanya yang menjadi lebih boros.

Selain itu, saya juga mengalami hal yang agak aneh. Unit Zenfone 4 Max ZC520KL yang saya gunakan hanya mampu menerima daya sebesar 500 mA saja saat mengisi baterainya. Padahal saya sudah menggunakan charger standarnya dan charger lain dengan keluaran maksimal 2A.

Keterbatasan tersebut membuat saya harus mengisi baterainya dengan sangat lama. Dengan total daya masuk hanya 500 mA, smartphone ini membutuhkan waktu hingga delapan jam untuk dapat terisi penuh.

Kesimpulan

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL diposisikan di bawah Zenfone 4 Max Pro ZC554KL yang berarti spesifikasi serta kinerjanya berada di bawah smartphone tersebut. Meskipun begitu, kinerjanya juga tetap memadai jika kamu termasuk pengguna yang tak terlalu mementingkan kinerja maksimal serta tidak atau jarang bermain game.

Kalau kamu berharap bahwa smartphone ini dapat memberikan kinerja kencang untuk bermain game berat, rasanya smartphone ini bukan untuk kamu. Begitu pula bagi kamu yang menginginkan smartphone dengan kamera yang mampu menghasilkan kualitas yang sangat baik.

Di balik kelemahannya itu, Asus Zenfone 4 Max ZC520KL ini tentu tetap memiliki keunggulannya tersendiri. Kapasitas baterainya yang besar membuat smartphone ini memiliki daya tahan di atas rata-rata, terutama jika kamu termasuk pengguna minimalis yang jarang menggunakan smartphone untuk menjalankan aplikasi berat.

Selain itu juga saya cukup suka dengan bodinya yang ringkas karena memiliki layar 5,2 inci. Pada jaman dimana smartphone rata-rata memiliki layar di atas 5,5 inci, hadirnya smartphone dengan bodi ringkas seperti Zenfone 4 Max ZC520KL ini bisa menjadi sebuah pilihan untuk kamu yang mendambakan smartphone kompak yang masih bisa disimpan di dalam saku celana kamu.

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Dengan harga Rp2.299.000, Asus Zenfone 4 Max ZC520KL ini merupakan sebuah pilihan yang menarik untuk kamu yang sedang mencari sebuah smartphone dengan bodi ringkas dengan baterai yang besar. Walaupun kualitas kameranya kurang, tapi rasanya masih cukup oke untuk kamu yang ingin menjajal smartphone kamera ganda dengan harga yang relatif murah.

Asus Zenfone 4 Max ZC520KL

Rp2.299.000
Asus Zenfone 4 Max ZC520KL
60

Rating

6/10

    Plus

    • Kamera belakang ganda
    • Baterai besar, 4.100 mAh
    • Fitur reverse charging
    • Fingerprint scanner
    • Bodi ringkas

    Minus

    • Layar "cuma" 720 x 1280
    • Kamera cukup mengecewakan
    • Layar tanpa Corning Gorilla Glass
    • Kinerja kurang kencang
    • Pengisian baterai lama

    One Reply to “Review Asus Zenfone 4 Max ZC520KL: Baterai Besar dalam Bodi yang Lebih Kompak”

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *