Realme 6 Pro

Review Realme 6 Pro: Total 6 Kamera dan Layar 90 Hz

Sejak pertama kali hadir resmi di Indonesia, Realme termasuk rajin merilis varian-varian smartphone terbarunya. Kini, Realme 6 Pro menjadi varian smartphone terbarunya yang hadir di Indonesia.

Menyasar kelas menengah, smartphone ini menjadi penerus Realme 5 dan juga Realme XT serta membawa spesifikasi serta fitur yang lebih segar.

DESAIN

Menjadi penerus Realme 5 dan Realme XT, desain Realme 6 Pro ini masih membawa garis besar desain yang mirip. Bagian belakangnya memiliki tekstur yang menarik yang dilapis permukaan glossy.

Bodi Realme 6 Pro

Sayangnya permukaan glossy ini membuatnya jadi mudah kotor. Untungnya ada softcase yang telah disertakan di dalam paket penjualan untuk melindungi bodinya.

Realme 6 Pro ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Lightning Red dan Lightning Blue.

  Harga & Spesifikasi Realme 3, Menarik di Kelas 2 Jutaan

Tombol-tombol pada smartphone ini juga diposisikan dengan pas. Tombol power di sebelah kanan, dan tombol volume di sebelah kiri. Kedua tombol tersebut diposisikan agak ketengah sehingga terasa ergonomis.

Yang menarik, Realme juga mengklain bahwa smartphone ini memiliki kemampuan tahan air. Walaupun secara resmi tidak memiliki sertifikasi IP67 atau pun IP68, namun bodinya diklaim telah memiliki lapisan khusus untuk melindunginya dari cipratan air.

Oh ya, satu hal lagi yang menarik, fingerprint scanner smartphone ini tidak diposisikan di bodi belakang atau di belakang layar. Perangkat tersebut diintegrasikan ke tombol power sehingga lebih ergonomis dan mudah diakses.

SPESIFIKASI REALME 6 PRO

Realme 6 Pro menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Kemudian chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan 128 GB.

Selain itu, masih ada juga sebuah slot microSD yang terpisah, bukan hybrid.

Spesifikasi lengkap Realme 6 Pro bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Realme 6 Pro
Chip Qualcomm Snapdragon 720G
RAM 8 GB
Memori Penyimpanan 128 GB + slot microSD hingga 512 GB
Layar IPS 6,6 inci 1080 x 2400 90 Hz
Kamera Belakang 64 mega piksel f/1.8 (wide)
12 mega piksel f/2.5 (tele)
8 mega piksel f/2.3 (ultra wide)
2 mega piksel f/2.4 (macro)
Kamera Depan 16 mega piksel f/2.1 (wide)
8 mega piksel f/2.2 (ultra wide)
Video Hingga 4K (2160p) 30 fps EIS
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 5.1, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS
Baterai 4.300 mAh (fast charging VOOC 4.0 30W)
Dimensi 163,8 x 75,8 x 8,9 mm
Berat 202 gram

Yang menarik, Realme 6 Pro ini menjadi smartphone Realme kedua yang mengusung layar dengan refresh rate 90 Hz. Dengan dukungan refresh rate tinggi, maka kamu bisa mendapatkan tampilan layar yang lebih halus saat kamu melakukan scrolling atau bermain game.

  TP-Link Archer TX3000E, Hadirkan WiFi 6 untuk PC Kamu

Layar IPS 6,6 inci ini bisa menampilkan refresh rate 90 Hz secara otomatis, atau juga bisa kamu atur secara manual melalui menu setting.

Untuk opsi konektivitasnya pun tergolong lengkap. Hanya saja fitur NFC masih belum tersedia di smartphone ini.

KAMERA REALME 6 PRO

Realme 6 Pro hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang. Sementara di depannya ada dua kamera.

Kamera Belakang Realme 6 Pro

Konfigurasi kamera belakangnya terdiri dari kamera wide 64 mega piksel, kamera ultra wide 8 mega piksel, tele hybrid zoom 12 mega piksel, serta lensa makro 2 mega piksel.

Lalu kamera depannya memiliki dua kamera yaitu lensa wide dengan resolusi 16 mega piksel.

Kamera Depan Realme 6 Pro

Fitur kameranya juga terbilang lengkap, ada berbagai fitur seperti HDR, AI, Nightscape 4.0, Macro, dan masih ada beberapa fitur lainnya. Termasuk pilihan untuk memotret dalam resolusi penuh 64 mega piksel karena dalam kondisi standar, kamera utamanya akan memotret dalam resolusi 16 mega piksel.

  TP-Link Archer AX11000, Wireless Router Gaming dengan WiFi 6

Hasil fotonya pun terbilang bagus. Dalam berbagai kondisi dan menggunakan pilihan kamera yang tersedia, hasil fotonya termasuk sangat baik untuk kelasnya.

Wide Angle
Ultra Wide Angle
Tele Hybrid Zoom
Macro
Chroma Boost
Nightscape

KINERJA

Bermodalkan Qualcomm Snapdragon 720G dan RAM 8 GB, maka kinerja smartphone ini bisa dibilang sangat baik untuk sebuah smartphone kelas menengah. Kapasitas RAM-nya yang lega membuat kamu bisa melakukan multitasking dengan nyaman dan responsif.

Selain itu, untuk bermain game pun, Realme 6 Pro ini tergolong tangguh. Chip grafisnya dipadukan dengan refresh rate 90 Hz akan menghasilkan pengalaman bermain game yang mulus dan menyenangkan.

Kemudian, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.300 mAh. Baterai tersebut didukung dengan fitur fast charging VOOC 4.0 30 watt yang diklaim bisa mengisi baterainya dari kosong hingga penuh dalam waktu satu jam saja.

KESIMPULAN

Realme 6 Pro ini hanya tersedia dalam satu varian RAM dan penyimpanan saja dan dijual dengan harga sekitar 4 jutaan.

Bodi Realme 6 Pro

Dengan harga segitu, maka smartphone ini sangat menarik untuk dipilih di segmen kelas menengah. Untuk kebutuhan sehari-hari, kinerjanya sangat memadai serta didukung dengan baterai yang awet.

  Review Xiaomi Redmi 8: Salah Satu Pilihan Smartphone 1 Jutaan Paling Menarik

Untuk segmen harga 4 jutaan, Realme 6 Pro ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dipilih sebagai sebuah smartphone sehari-hari.

Realme 6 Pro

Rp4.499.000
8.5

Rating

8.5/10

Plus

  • Kamera bagus
  • Kinerja oke
  • Layar 6,6 inci Full HD+ 90 Hz
  • Baterai 4.300 mAh

Minus

  • Bodi agak berat
  • Tanpa NFC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *