WhatsApp di iPhone

Amankan WhatsApp di iPhone dengan Touch ID atau Face ID, Begini Caranya

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah mendengar bahwa baru-baru ini WhatsApp menghadirkan sebuah fitur keamanan baru. Kini, kamu pengguna sistem operasi iOS di iPhone bisa melindungi WhatsApp kamu dari tangan-tangan jahil dengan menguncinya dengan menggunakan Touch ID (fingerprint scanner) ataupun Face ID (face unlock).

Nah, untuk menggunakan fitur tersebut, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu. Yang pertama, kamu perlu melakukan update WhatsApp kamu di iOS hingga ke versi terbaru 2.19.20. Yang kedua, iPhone yang kamu gunakan tentunya harus memiliki fitur Touch ID atau Face ID.

  Cara Pakai Password Alfanumerik di iPhone

Jika kamu bingung, iPhone yang mendukung Touch ID adalah mulai dari iPhone 5S hingga yang terakhir iPhone 8. Sedangkan Face ID tersedia pada iPhone X, XS, XS Max, dan XR.

Jika semua persyaratan telah kamu penuhi, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan Touch ID atau Face ID untuk melindungi WhatsApp kamu.

  1. Pastikan versi WhatsApp yang kamu gunakan adalah yang terbaru, versi 2.19.20. Jika belum, update aplikasinya di sini.
  2. Buka aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke menu Settings.
  3. Kemudian, masuk ke menu Privacy lalu pilih menu Screen Lock
  4. Aktifkan fungsi Screen Lock, kemudian pilih Require Touch ID atau Require Face ID tergantung dari iPhone yang kamu gunakan.
  5. Di bawahnya, kamu bisa memilih jeda waktu yang diperlukan sebelum kamu harus menggunakan kembali Touch ID atau Face ID. Pilih Immediately jika kamu ingin WhatsApp selalu terkunci dan membutuhkan Touch ID atau Face ID setiap kali ingin menggunakannya

Dengan mengunci WhatsApp kamu di iPhone, akan dibutuhkan sedikit tambahan waktu setiap kali kamu membukanya karena harus memindai jari atau wajah terlebih dahulu. Walaupun mungkin terasa sedikit merepotkan, namun fitur baru ini sangat membantu untuk menghindari WhatsApp kamu diakses oleh tangan-tangan jahil yang tidak berkepentingan.

  Review Seagate IronWolf 14TB, Kapasitas Besar untuk NAS Rumahan dan Profesional

Oh ya, walaupun membutuhkan Touch ID atau Face ID untuk membuka WhatsApp, namun kamu tetap bisa melihat setiap notifikasi pesan yang masuk melalui notification bar. Opsi untuk membalas cepat melalui notification bar juga tetap tersedia. Jadi untuk memaksimalkan privasi WhatsApp, kamu mungkin juga perlu mematikan fungsi preview di notifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *