MediaTek Helio G35

MediaTek Helio G25 & G35, Duo Chipset Gaming Smartphone Entry-level

MediaTek meluncurkan dua seri chipset baru yaitu Helio G25 dan Helio G35. Keduanya ditujukan sebagai chipset untuk smartphone gaming sekaligus melengkapi lini seri G sebelumnya seperti G90, G85, G80, dan G70.

Ditujukan untuk smartphone gaming, baik Helio G25 dan Helio G35 menawarkan kinerja yang lebih kencang. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa kedua seri chipset ini diposisikan sebagai chipset kelas entry-level hingga menengah.

Yang artinya, kinerjanya tentu masih akan berada di bawah Helio G80 atau G90 yang sudah meluncur lebih dulu.

Namun hal tersebut dapat dimaklum mengingat chipset-chipset tersebut memang digunakan pada smartphone kelas entry-level. Realme C11 adalah salah satu smartphone yang sudah menggunakan chipset Helio G35 ini.

  Realme C11, Smartphone 1 Jutaan dengan Baterai 5.000 mAh

Kedua chipset MediaTek tersebut menggunakan arsitektur ARM Cortex A53. Helio G35 memiliki kecepatan hingga 2,3 GHz sementara G25 memiliki kecepatan hingga 2 GHz. Keduanya merupakan chipset octa core.

MediaTek Helio G25

Kemudian untuk sektor GPU nya, kedua chipset ini menggunakan CPU PowerVR GE8320 dengan perbedaan kecepatan, 650 MHz untuk G25 dan 680 MHz untuk G35.

MediaTek juga memperhatikan sektor manajemen daya untuk kedua chipset ini. Diproduksi dalam fabrikasi FinFet 12 nm, keduanya memiliki efisiensi daya yang baik untuk berbagai kebutuhan.

Apalagi ditambah lagi dengan fitur manajemen daya MediaTek HyperEngine. Fitur tersebut klaim dapat membuat konsumsi dayanya tetap hemat walaupun perangkat sedang digunakan bermain game dalam waktu lama.

Selain itu fitur MediaTek HyperEngine juga memungkinkan perangkat untuk memindahkan koneksi dari WiFi ke LTE secara otomatis dengan cepat saat perangkat mendeteksi sinyal WiFi yang lemah. Sehingga koneksi saat sedang bemain game tidak akan terganggu.

Fitur lain yang didukung oleh kedua chipset MediaTek ini adalah konfigurasi multi kamera pada perangkat. Helio G25 mendukung sensor tunggal hingga 21 mega piksel sementara Helio G35 mendukung sensor kamera hingga 25 mega piksel dengan dukungan fitur AI seperti untuk membuat efek bokeh.

  Harga & Spesifikasi Realme Narzo, Kelas Menengah 2 Jutaan dengan Helio G90T

Untuk konektivitasnya, keduanya tentu sudah mendukung SIM ganda. Bahkan, kedua chipset tersebut juga sudah mendukung koneksi 4G ganda dengan kemampuan untuk melakukan panggilan VoLTE untuk kedua koneksinya.

Selain itu ada juga dukungan terhadap WiFi dual band 802.11ac, serta Bluetooth 5.0.

Realme C11 menjadi smartphone pertama di Indonesia yang sudah menggunakan chipset MediaTek Helio G35. Sementara untuk G25, hingga saat ini belum ada informasi mengenai perangkat yang telah menggunakan chipset tersebut.

One Reply to “MediaTek Helio G25 & G35, Duo Chipset Gaming Smartphone Entry-level”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *