Review Oppo A92: 3 Jutaan dengan RAM, Storage, dan Baterai Besar

Melanjutkan jajaran smartphone seri A yang menyasar segmen kelas menengah dan juga kaum milenial, Oppo menghadirkan seri A92. Fitur unggulan yang paling ditonjolkan pada Oppo A92 ini adalah empat kamera belakang berbasis AI dengan resolusi 48MP, layar Neo Display 1080p, dan sensor fingerprint yang ditempatkan di sisi kanan.

Meski mengunggulkan tiga fitur tadi, masih banyak juga fitur lain yang bisa dijadikan daya tarik dari smartphone dengan harga tiga jutaan ini.

Desain Oppo A92

Pada peluncuran perdananya, smartphone Oppo ini hadir dengan pilihan warna Twilight Black dan Shining White. Namun berselang sebulan kemudian, Oppo menghadirkan pilihan warna baru yaitu Aurora Purple yang saya ulas kali ini.

Hadirnya warna baru ini memang membuatnya terlihat lebih menarik. Dengan bagian belakang dengan lapisan glossy, warna Aurora Purple hadir dengan kombinasi dari perpaduan antara warna ungu, hijau, dan bening diarea bawahnya.

Jadi ketika dimiringkan dan terkena pantulan cahaya, perpaduan warna tersebut akan menghasilkan kilauan yang menarik dan terlihat lebih keren.

Bodi Oppo A92

Hanya saja lapisan glossy tersebut membuatnya mudah sekali kotor oleh bercak jari maupun tangan. Untuk solusi ini, Oppo menyediakan casing bawaan bening agar warna cover tetap terlihat meski terpasang pelindung.

Di bagian belakang terdapat empat buah kamera dan lampu flash dalam satu frame yang terletak di sisi kiri. Fisik frame ini agak menonjol sehingga agak mengganjal saat posisi terlentang.

Seperti disebut sebelumnya, A92 menempatkan sensor fingerprint bersamaan dengan tombol Power yang terletak di sisi kanan. Dengan bentuk agak cekung ke dalam, tombol ini tidak hanya nyaman ditekan untuk mengaktifkan smartphone namun juga responsif saat digunakan untuk memindai sidik jari.

Oppo A92

Posisi di kanan membuatnya mudah digunakan saat menggenggam. Jika tangan kiri yang menggenggam maka jari telunjuk akan mudah tergapai, sedangkan jika tangan kanan yang menggenggam, maka jari jempol yang bisa dijadikan sebagai pembuka kunci.

Sedangkan di sisi kiri terdapat tombol volume serta slot kartu yang bisa diisi hingga dua kartu SIM dan satu microSD, sedangkan sisi bawah terdapat port audio 3,5 mm, mikropon, port USB Type-C dan speaker.

Port USB type-C ini sudah mendukung fast charging dengan kapasitas baterai 5000 mAh.

Pada bagian depan, layar berukuran 6,5 inci ini memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel. Bezelnya lumayan tipis dengan sudut melengkung di tiap sisinya.

Bezel ini mengelilingi semua sisi layar karena kamera depannya menggunakan desain punch hole yang ditempatkan di dalam area layar, tepatnya di pojok kiri atas.

Meski sudah terlindung dengan Gorilla Glass 3, layarnya juga masih ditambah dengan lapisan tambahan anti gores plastik.

Spesifikasi Oppo A92

Sebagai sebuah smartphone kelas menengah, maka A92 dibekali dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan segmen yang dituju.

Spesifikasi lengkap Oppo A92 ini bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

Oppo A92
Chip Qualcomm Snapdragon 665
RAM 8 GB
Memori Penyimpanan 128 GB + slot microSD hingga 256 GB
Layar LTPS LCD 6,5 inci 2400 x 1080
Kamera Belakang 48 mega piksel f/1.7 (ultra HD main)
8 mega piksel, 119 derajat (ultra wide)
2 mega piksel (mono)
2 mega piksel (depth sensor)
Kamera Depan 16 mega piksel f/2.0
Video Hingga 4K 30 fps
Konektivitas USB 2.0 Type-C, Bluetooth 5.0, WiFi 802.11a/b/g/n/ac, GPS
Baterai 5.000 mAh
Dimensi 162 x 75,5 x 8,9 mm
Berat 192 gram

Seperti terlihat, Oppo A92 menggunakan chip yang tidak terlalu baru yaitu Snapdragon 665. Chip ini sama dengan yang digunakan seri A lainnya seperti A5 2020, A9 2020, atau A52.

Jadi bisa dibilang seri A ini menawarkan kinerja yang mirip namun dengan sedikit fitur ataupun desain yang berbeda.

Namun untuk A92 ini, Oppo memberikan kapasitas RAM dan ROM yang besar yaitu 8 GB dan 128 GB. Kombinasi ini masih ditambah dengan dukungan kartu microSD hingga 256 GB sebagai media simpan tambahan.

Sebagai informasi tambahan, seri A92 ini memang hanya hadir dalam satu varian dalam hal kapasitas RAM dan media simpan, sedangkan untuk warna ada tiga pilihan.

Sedangkan sebagai penopang daya, baterai 5.000 mAh sudah cukup besar untuk smartphone sekelas. Cocok untuk yang sering bermain game yang menguras daya lebih besar. Agar pengisian baterainya makin cepat, sudah mendukung teknologi fast charging 18 watt.

Kamera

Oppo A92 dibekali quad camera (empat lamera) yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.7), kamera ultra wide angle 8 MP dengan lebar sudut pandang 119 derajat, kamera monokrom 2 MP, dan kamera portrait 2 MP. Untuk kamera selfie-nya sendiri mengusung resolusi 16 MP.

Aplikasi kamera-nya menyediakan beragak pilihan mode. Mulai dari mode Night sampai pilihan Pro (Expert). Untuk mode Pro terdapat pilihan manual pada ISO, Shutter Speed, White Balanced, AutoFocus, dan Exposure Value. Sedangkan pilihan lain yang cukup menarik adalah Sticker yang berfungsi pada kamera utama ataupun kamera selfie. Namun beberapa template mesti diunduh terlebih dahulu.

Untuk video terdapat pilihan Slo-mo dan Time-Lapse. Untuk Slo-mo tidak menyediakan pilihan fps yang hanya berkutat di 120 fps Menariknya lagi, video-nya mendukung hingga resolusi 4K dengan frame rate 30 fps. Resolusi ini berlaku pada pilihan kamera utama, untuk kamera selfie mendukung hingga 1080p dengan frame rate 30 fps. Selain itu, Oppo juga membenamkan teknologi anti-shake yang membuat pengambilan gambar stabil.

Berikut contoh hasil foto dari kamera Oppo A92 yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Kinerja Oppo A92

Dengan chipset Snapdragon 665, beragam aktivitas sudah nyaman dilakukan. Apalagi dukungan RAM besar, membuatnya pergerakan perpindahan antar aplikasi berjalan mulus. Snapdragon 665 sendiri terdiri dari CPU 4 inti Kryo 260 Gold 2,0 GHz dan 4 inti Kryo 260 Silver 1,8 GHz. Chip ini juga ditandem dengan GPU Adreno 610.

Kombinasi ini sudah mumpuni pula untuk memainkan game-game populer saat ini seperti Mobile Legends sampai PUBG Mobile. Untuk mengoptimalkan performa, pada baterai tersedia pilihan High Performance.

Mode ini bisa kamu pilih untuk mendapatkan performa terbaiknya. Hanya saja, pilihan ini berdampak pada suhu yang lebih tinggi dan tentu saja baterai yang lebih boros.

Untuk daya tahan baterainya kami melakukan pengujian dengan menggunakan benchmark PCMark for Android dengan skenario Work 2.0 battery life serta pengaturan WiFi dimatikan dan brightness layar di atur ke kondisi 50%. Hasilnya, baterai mampu bertahan hingga 12 jam 35 menit dan merupakan waktu yang cukup awet.

Kesimpulan

Tawarkan desain dan fitur kekinian serta kapasitas RAM dan penyimpanan besar, saat diluncurkan (Mei 2020) Oppo A92 dibanderol dengan harga Rp4.199.000. Namun dari pantauan terakhir melalui ecommerce, saat ini (Awal Agustus 2020) harganya sudah turun menjadi Rp3.999.000.

Dengan harga tersebut, Oppo A92 jadi pilihan menarik di kelas menengah. Apalagi daya tahan baterainya cukup mantap untuk beraktivitas seharian serta dukungan pengisian cepat. Dua kombinasi ini menyenangkan disaat penggunaan smartphone sudah seperti jadi kebutuhan wajib yang terkadang sulit dihindari.

Oppo A92

Rp3.999.000
7.5

Rating

7.5/10

Plus

  • Desain keren dan kekinian
  • Kapasitas RAM dan storage yang besar
  • Baterai besar & awet
  • Hasil kamera bagus
  • Ada fitur fast charging

Minus

  • Bodi belakang gampang kotor
  • Chip masih sama dengan seri sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *